Sukses

Beauty

Kanker Payudara Bisa Dicegah, Ini 5 Cara Mudah Pencegahannya

Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu kanker paling mematikan untuk kaum hawa. Yang membuat lebih miris dan tragis lagi, tidak banyak penderita kanker payudara yang mengetahui penyakitnya di stadium awal. Alhasil, banyak kaum hawa penderita kanker ini harus kehilangan nyawa akibat kanker yang dideritanya.

Mengenai kanker payudara, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker payudara. Penyebab tersebut antara lain adalah bertambahnya usia, obesitas, kelebihan hormon estrogen, konsumsi alkohol, konsumsi rokok, paparan radiasi, adanya riwayat kanker hingga adanya benjolan di payudara maupun sekitarnya.

Untuk risiko kanker payudara, penting agar kita tak perlu terlalu khawatir Ladies. Rasa khawatir berlebih, stres dan depresi juga bisa meningkatkan risiko kanker. Yang perlu kita lakukan, dikutip dari laman boldsky.com, adalah mencegah risiko kanker payudara. Ada banyak cara mudah untuk mencegah risiko kanker khususnya kanker payudara. Berikut cara tersebut.

Jaga Berat Badan
Pastikan untuk menjaga berat badan tetap pada posisi ideal atau setidaknya tidak terlalu berlebihan. Obesitas adalah penyebab utama dari risiko kanker. So, penting untuk menghindari obesitas dan menjaga berat badan agar senantiasa stabil.

Hindari & Hentikan Merokok
Selain meningkatkan risiko kanker, merokok juga meningkatkan berbagai penyakit mematikan lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal hingga kerusakan hati. Untuk mencegah risiko kanker payudara, pastikan untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok. Peringatan ini tidak hanya untuk para perokok aktif, para perokok pasif juga penting untuk menghindari rokok.

Jauhi Minuman Beralkohol & Ringan
Jauhi segala minuman beralkohol juga minuman ringan. Pemanis maupun perasa buatan pada dua jenis minuman ini sangat buruk buat kesehatan. Berbagai zat yang terkandung di dalam minuman ini bahkan dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Well, sangat penting untuk menghindari dan menjauhi keduanya.

Jangan Terlalu Stres
Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidup mereka. Setiap masalah yang ada tidak perlu dipikirkan terlalu dalam. Jangan biarkan dirimu stres, depresi atau cemas berlebihan. Stres dan depresi justru membuat sel kanker pada tubuh bisa semakin cepat tumbuh dan berkembang. Usahakan untuk selalu senang, tenang dan bahagia. Perasaan bahagia adalah salah satu cara mudah untuk mencegah kanker terutama kanker payudara.

Olahraga & Istirahat Cukup
Pastikan untuk memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Olahraga bisa dimulai dari yang paling ringan yakni lari pagi, senam, renang atau jalan kaki. Sementara untuk istirahat, ahli menyarankan agar setiap hari istirahat yang perlu dilakukan kurang lebih selama 8 jam atau sekurang-kurangnya 6 jam.

Itulah beberapa cara mudah untuk mencegah risiko kanker payudara. Selain cara di atas, cara lain untuk mencegah kanker payudara adalah dengan konsumsi air putih cukup, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta menghindari asupan daging. Semoga informasi ini bermanfaat.





(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading