Sukses

Beauty

7 Tips Diet untuk Wanita Usia 20an, No. 4 Gampang Banget

Ketika sudah memasuki usia 20an, kita akan mulai disibukkan dengan banyak hal. Mulai dari urusan pekerjaan dan bagi yang sudah menikah akan sibuk dengan berbagai urusan rumah tangga. Dengan semua kesibukan itu, kadang pola hidup jadi nggak sehat dan berat badan tidak lagi terkendali dengan baik.

Menurunkan berat badan di usia 20an pun bisa terasa lebih sulit. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Ada tips-tips efektif yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan di usia 20an. Selengkapnya, yuk kita ungkap satu per satu di sini.

1. Kurangi Asupan Gula
Kalau dulu mungkin kamu bebas mengonsumsi semua yang manis-manis, sekarang saatnya untuk menguranginya. Batasi asupan gula dalam makanan dan minumanmu. Dikutip dari nytimes.com, Steven E. Nissen pimpinan pengobatan kardiovaskular di Cleveland Clinic Foundation menjelaskan bahwa kelebihan asupan gula bisa menyebabkan obesitas dan diabetes yang memicu penyakit jantung. Jadi penting sekali untuk membatasi asupan gula khususnya bila sudah memasuki usia 20an.

2. Kontrol Porsi Makan
Diet bukan berarti kamu nggak boleh makan apa-apa. Tapi membatasi porsi makan, khususnya makanan cepat saji, makanan instan, dan yang mengandung banyak gula serta garam. Sementara untuk sayur dan buah bisa dimakan dengan porsi lebih banyak dari biasanya.

3. Perbanyak Olahraga atau Gerak Aktif
Dalam sehari, usahakan ada waktu 20-30 menit untuk olahraga atau menggerakkan tubuh secara aktif. Bisa dengan jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Bahkan naik turun tangga pun bisa jadi kegiatan pengganti olahraga yang efektif.

Jaga pola makan dan olahraga teratur./Copyright thinkstockphotos.com

4. Kunyah Makananmu Lebih Lama
Tips yang satu ini gampang banget cuma jarang diikuti oleh sebagian besar wanita. Kunyah makananmu lebih lama agar makanan bisa tercerna dengan baik dan bisa terhindar dari kekenyangan. Kalau makan terburu-buru, nafsu makan bisa makin sulit dikontrol. Seperti ketika seharusnya kamu sudah berhenti makan karena perut kenyang, kamu terus makan karena tidak menyadari hal itu.

5. Kurangi Kebiasaan Ngemil Nggak Sehat
Rasanya memang sulit untuk lepas dari kebiasaan ngemil ini. Tapi justru dengan memperbaiki kebiasaan ngemil, kita akan lebih mudah mengontrol berat badan. Karena saat ngemil seringkali kita tak memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga bisa lupa soal berat badan yang harus dijaga.

6. Hindari Makanan Instan dan Cepat Saji
Kalau dulu kamu mungkin cuek saja soal urusan makanan instan dan cepat saji, sekarang saatnya untuk lebih memperhatikan dampaknya untuk kesehatanmu. Semakin bertambah usia dengan aktivitas yang makin padat, metabolisme bisa berjalan makin lambat. Kalau tidak hati-hati memilih makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, dampaknya bisa sangat buruk untuk kesehatan.

7. Masak Makananmu Sendiri
Saatnya untuk belajar memasak makananmu sendiri. Pilih bahan-bahan terbaik dan segar untuk membuat masakanmu sendiri. Cara ini pun bisa membantu lebih menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Itu tadi sejumlah tips sehat yang bisa kamu coba untuk diet atau menurunkan berat badan di usia 20an. Tinggal pilih cara yang paling mudah dan nyaman kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading