/kesehatan/10374-nutrisi-untuk-mengurangi-derita-osteoartritis.html

Nutrisi Untuk Mengurangi Derita Osteoartritis

Minggu, 06 November 2011 07:00



(c) livestrong Vemale.com - Osteoartritis atau juga dikenal dengan istilah penyakit degeneratif sendi adalah kondisi di mana sendi akan terasa nyeri akibat radang ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Semua orang berpotensi mengalami osteoartritis, terutama wanita dan orang-orang yang mengalami masalah berat badan berlebih. Beberapa orang awam sering beranggapan gejala osteoartritis sama seperti rematik atau asam urat, padahal tidak.

Saat osteoartritis menyerang, penderita dapat mengurangi rasa nyeri dengan berbagai cara tergantung tingkat stadium yang diderita, bahkan penyuntikan cairan sinovial pada sendi bisa dilakukan. Berdasarkan tulisan dalam Readers Digest, ada beberapa nutrisi dari makanan untuk meringankan gejala osteoartritis. Inilah beberapa nutrisi yang dapat Anda coba.

- Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat meminimalkan kehilangan tulang rawan dan memperlambat perkembangan osteoarthritis. Antioksidan lain yang tak kalah kuat adalah, vitamin E. Vitamin tersebut bisa meringankan gejala osteoarthritin.

- Studi populasi menghubungkan rendahnya tingkat vitamin D dengan peningkatan risiko untuk osteoarthritis. Zat pendukung vitamin D yaitu kalsium juga dapat membantu membentuk bantalan badan sendi yang rusak oleh osteoartritis dan juga mencegah osteoporosis.

- Beberapa bukti klinis menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dan mengonsumsi shogaol dan gingerol (zat penyembuh pada jahe) dapat membantu meringankan pembengkakan osteoarthritis. Senyawa ini menunjukkan anti-inflamasi (anti peradangan).

- Meskipun data ilmiah terbatas, beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi nanas dapat melawan osteoartritis dan mungkin memperbaiki gejala yang timbul. Enzim bromelain nanas dapat mengurangi pembengkakan yang diasosiasikan dengan osteoarthritis, karena senyawa ini telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dalam penelitian laboratorium.

- Karena osteoartritis lebih banyak menyerang kaum wanita, beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tertentu dari estrogen dapat memperburuk penyakit ini. Para ilmuwan percaya bahwa fitoestrogen (senyawa tanaman estrogen) dapat menghalangi kemungkinan pengaruh estrogen pada osteoartritis secara alami. Fitoestrogen banyak ditemukan dalam kedelai dan makanan olahannya. (vem/wsw)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...