Sukses

Beauty

Berikut Alasan Orang Gemuk Lebih Rentan Terkena Penyakit Hati

Memiliki tubuh gemuk membuat penampilan kurang maksimal. Namun, lebih parahnya lagi tubuh gemuk sangat rentan terhadap penyakit mematikan, seperti sirosis hati.

Sebab penyakit tersebut terbentuk akibat tumpukan lemak di tubuh. Hal inilah yang jarang dipahami masyarakat sebab banyak yang berpikir sirosis disebabkan oleh minuman beralkohol.

"Sel hati yang normal jadi rusak dan mengalami masalah, istilahnya non alkoholic fatty liver disease. Nanti berkembang terus dan ini akan berkembang jadi sirosis, lalu jadi kanker hati," ungkap Prof. Dr. WH Sibuea, SpPD, spesialis penyakit dalam, saat ditemui dalam rangkaian acara HUT 35 Tahun Rumah Sakit Tebet, di Rumah Sakit Tebet, Jakarta.

Tim Rumah Sakit Tebet | copyright: vemale/Anisha

Dr. Sibuea menambahkan tumpukan lemak tersebut dapat berkumpul di organ hati yang membuat kerusakan di sel hati yang sehat.

"Jadi kalau berat badan berlebih maka lemak yang kita timbun itu, kecuali di bawah kulit, juga ternyata ada di dalam hati. Makanya sel hati normal bisa rusak," tambahnya.

Demi menghindari masalah tersebut, kamu harus menjaga pola makan agar tidak obesitas. Seperti melakukan diet sehat yang memberikan tubuh lebih sehat.

"Untuk mengantisipasi, agar tidak timbul obesitas, yang harus dihindari makan daging. Kemudian lebih banyak makan sayur, dan juga diet yang teratur. Kegemukan kita berantas dengan mengatur diet dari awal," tutupnya

Selain makan sehat, ia pun menyarankan untuk berolahraga secara teratur.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading