Sukses

Beauty

Penting Nih! 5 Hal Ini Jangan Dilakukan Saat Baru Selesai Makan

Karena kesibukan dan rutinitas yang padat, kadang kita melakukan segala sesuatunya dengan terburu-buru. Termasuk soal makan. Kadang kita makan terburu-buru dan langsung melakukan aktivitas lain dengan tergesa-gesa.

Tahu nggak kalau ada hal-hal yang sebaiknya tidak langsung kita lakukan setelah kenyang baru selesai makan? Dengan menghindari hal-hal ini setelah selesai makan, kesehatan dan metabolisme tubuh akan terjaga dengan lebih baik. Selengkapnya, yuk kita simak infonya berikut ini.

    Langsung Tidur

    Baru selesai makan langsung tidur? It's a big no, Ladies. Bukan karena kebiasaan ini bakal bikin kamu cepat gendut. Melainkan ada risiko-risiko gangguan kesehatan yang mengintai bila kamu langsung tidur saat baru selesai makan. Seperti yang dilansir oleh brightside.me, tidur dalam keadaan perut terlalu kenyang bisa menyebabkan gangguan seperti heartburn, sendawa, dan naiknya kadar asam di lambung. Bahkan bisa meningkatkan risiko stroke kalau kamu punya kebiasaan selalu langsung tidur setelah selesai makan siang atau makan malam. Jadi sebaiknya, tunggu 2 jam dulu setelah selesai makan untuk kemudian tidur.

    Minum Teh

    Memang jadi kebiasaan dan tradisi sendiri untuk minum teh setelah makan. Tapi ternyata hal itu bisa berdampak negatif. Karena teh yang langsung diminum setelah makan bisa mengganggu proses penyebaran zat besi dalam tubuh. Anak, wanita hamil, dan orang yang menderita kekurangan zat besi tidak disarankan untuk langsung minum teh setelah makan. Lalu kapan waktu terbaik untuk minum teh? Sebaiknya teh diminum satu jam setelah makan.

    Langsung Mandi

    Saat kita mandi, suhu tubuh akan mengalami sedikit peningkatan. Efeknya tubuh akan mengirimkan sedikit lebih banyak darah ke kulit. Sehingga bisa mengganggu proses pencernaan dan memperlambat sistem metabolisme tubuh. Waktu terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah selesai makan.

    Olahraga

    Ada anggapan bahwa olahraga setelah makan bisa membuat tubuh terhindar dari kegemukan. Tapi bukan berarti, kita langsung olahraga begitu perut kenyang. Tunggu dua jam dulu baru olahraga setelah makan. Kalau kamu langsung olahraga begitu baru selesai makan, maka perut akan terasa tidak nyaman, mual, dan cegukan.

    Merokok

    Merokok jelas bukan kebiasaan yang baik. Apalagi kalau merokok dilakukan setelah makan, efeknya bisa membuat penyerapan vitamin dan mineral terganggu. Sehingga makanan yang tadinya menyehatkan jadi tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.



Nah, itu tadi lima hal umum yang sebaiknya tak kamu lakukan setelah baru selesai makan. Semoga infonya bermanfaat, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading