/kesehatan/102846-suka-konsumsi-garam-berlebih-bahaya-kesehatan-ini-mengintaimu.html

Suka Konsumsi Garam Berlebih? Bahaya Kesehatan Ini Mengintaimu

Senin, 20 Maret 2017 15:51

Oleh: Rohmitriasih

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Segala makanan yang gurih dan mengandung garam cukup berlebih memang memiliki rasa yang sangat enak dan bikin nagih. Tapi tahukah kamu, konsumsi garam berlebih bisa berakibat fatal buat kesehatan. Kandungan nutrisi dan yodium yang terkandung di dalam garam, ketika ia dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

Dikutip dari laman boldsky.com, bahaya paling utama dan mudah dirasakan dari konsumsi garam berlebih adalah hipertensi atau darah tinggi. Konsumsi garam berlebih juga berpengaruh buruk buat kesehatan pencernaan hingga organ tubuh penting lainnya. Adapun beberapa bahaya kesehatan yang bisa kamu alami ketika konsumsi garam dalam jumlah berlebih antara lain adalah sebagai berikut.

Garam sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebih | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com Garam sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebih | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

  • Serangan Jantung

    Konsumsi garam berlebih dipercaya bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Para ahli juga mengungkapkan jika asupan garam berlebih pada tubuh bisa meningkatkan risiko stroke, gangguan hati dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  • Risiko Kanker

    Buat kamu yang tak ingin memiliki risiko kanker, usahakan agar mulai mengurangi asupan garam. Peneliti percaya jika kandungan senyawa pada garam bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kanker yang paling umum terjadi karena konsumsi garam berlebih antara lain adalah kanker usus dan perut.

  • Risiko Ginjal

    Kandungan sodium dalam garam memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh khususnya ginjal. Namun, saat sodium ini dikonsumsi dalam jumlah berlebih, ini bisa menurunkan fungsi kerja ginjal. Ini juga bisa meningkatkan risiko infeksi pada ginjal serta bagian tubuh sekitarnya.

  • Risiko Osteoporosis

    Para ahli menemukan jika kandungan nutrisi pada garam bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Kalsium di tubuh bisa berkurang drastis ketika seseorang terlalu sering makan asin dan terlalu banyak minum air putih.

  • Menurunnya Fungsi Kognitif

    Jika kamu tak ingin mengalami penurunan fungsi kognitif, usahakan agar membatasi asupan garam. Natrium yang terkandung di dalam garam bisa berdampak buruk buat kinerja otak atau fungsi kognitif seseorang jika ia dikonsumsi dalam jumlah berlebih.


So Ladies, agar terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya di atas, usahakan untuk mengurangi asupan garam. Tak hanya asupan garam, kita pun harus membatasi asupan penyedap makanan yang cenderung memiliki rasa asin serta gurih.

Fakta Kesehatan Wajib Kamu Tahu Lainnya:

Awas Ladies, 5 Makanan Ini Sangat Buruk Untuk Kecantikan Kulitmu

Awas, Makanan Ini Berbahaya Jika Dimakan Saat Mentah

Terlalu Banyak Makan French Fries Sebabkan Penyakit Kronis

3 Makanan Terburuk Yang Bikin Kulit Cepat Tua & Keriput

Awas, Makan Permen Karet Tingkatkan Risiko Masalah Pencernaan

(vem/mim)


Rekomendasi Pilihan

Rambutan Kekinian, Asinan yang Bikin Ngiler

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE