Sukses

Beauty

Peneliti Membuktikan, Jadi Orangtua Ternyata Bikin Panjang Umur!

Hidup berumah tangga tak lengkap rasanya jika tak punya buah hati. Kehadiran anak akan menambah kebahagiaan keluarga. Dan jika kamu bisa punya anak, kamu patut bersyukur. Karena ternyata bukan hanya rasa bahagia saja yang bisa kamu dapat, punya anak ternyata bisa membuatmu panjang umur lho.

Penelitian yang dilakukan Karolinska Institutet di Stockholm Swedia menemukan bahwa punya anak punya manfaat tak terduga bagi orangtua, yaitu membuat orangtua panjang umur. Penelitian yang dilakukan pada 1,4 miliar orang lebih ini mencoba melihat perbedaan orang yang memiliki anak dan tidak punya anak.

Bahkan jika orangtua baru punya anak di usia 80 tahun lebih, hal ini tetap bisa meningkatkan kemungkinan jangka hidup. Para peneliti mengikuti jangka hidup para pria dan wanita usia 60-an tahun sejak tahun 1911 hingga 1912 di Swedia.

Mereka menemukan bahwa pria dan wanita yang memiliki paling tidak satu anak dalam keluarga mereka ternyata tingkat kematian lebih rendah dibanding mereka yang hidup tanpa anak. Di usia 60 tahun, perbedaan jangka hidup antara pasangan yang punya anak dan tidak punya anak hampir 2 tahun untuk pria, dan 1,5 tahun untuk wanita.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health ini mengatakan, kemungkinan besar orangtua membutuhkan support secara mental dan finansial dari anaknya setelah mereka tua. Sedangkan pasangan tanpa anak tak mendapatkan hal ini.

Mengasuh dan merawat anak memang butuh perjuangan, namun kebahagiaan memiliki anak pasti tak ada tandingannya. Jadi, jika kamu punya anak dan jadi orangtua, banyak-banyaklah bersyukurlah ladies, karena ternyata mereka membuatmu panjang umur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading