Sukses

Beauty

Cegah Iritasi, Ini Cara Memilih dan Memakai Pembalut yang Benar

Pernah nggak kamu mengalami iritasi akibat pemakaian produk pembalut tertentu? Ternyata sebagian wanita pernah mengalami iritasi akibat pembalut yang dipakai saat haid. Mulai dari rasa gatal hingga kemerahan di organ intim.

Penyebab iritasi ini bisa beragam. Mulai dari karena gerakan atau gesekan yang terjadi di organ intim, kulit yang sensitif, juga efek dari bahan dan aroma pembalut yang dipakai. Nah, untuk menghindari iritasi, ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

    Ganti Pembalut Setidaknya 4 Jam Sekali

    Ladies, sebaiknya kamu tak memakai pembalut yang sama lebih dari 4 jam. Kalau  sedang mengalami haid yang cukup banyak, ganti pembalut setidaknya 2 jam sekali. Tapi kalau jumlah yang keluar tidak terlalu banyak, setidaknya pembalut harus diganti setiap 4-5 jam. Penting untuk mengganti pembalut secara rutin agar bakteri tak mudah berkembang dan menyebabkan iritasi.

    Jangan Asal Memilih Pembalut yang Murah

    Ini juga penting. Pilih pembalut dengan bahan yang berkualitas dan nyaman. Yang daya tampungnya besar dan tidak mudah bergeser ke kiri dan kanan. Jangan memilih pembalut hanya karena harganya murah atau ada iming-iming diskon.

    Kalau Kulitmu Sensitif, Pilih yang Non-Perfume

    Ada baiknya kamu memilih pembalut tanpa parfum. Khususnya buat kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, hindari memilih pembalut yang mengandung pewangi atau parfum. Soalnya kebanyakan kulit sensitif tidak tahan terhadap aroma parfum dan kulit organ intim akan mudah terkena iritasi. Efek kulit area miss V jadi kemerahan atau gatal, umumnya dialami jika ternyata kulit bereaksi terhadap parfum pembalut.

    Hindari Penggunaan Sabun atau Bedak Tabur

    Sebaiknya kamu menghindari penggunaan sabun atau bedak tabur. Kenapa? Karena hal tersebut hanya akan memperparah kondisi iritasi pada kulit. Sabun akan membuat kulit organ intim terlalu kering sehingga iritasi akan semakin berlanjut, bahkan bisa infeksi. Sedangkan bedak tabur bisa menjadi sarana berkembang biaknya bakteri dengan lebih cepat.

Kalau terjadi iritasi pada miss V, kamu bisa coba cara alami untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Yang perlu kamu lakukan adalah merebus 3-5 lembar daun sirih. Dinginkan, kemudian gunakan air sirih tersebut untuk membasuh daerah kewanitaanmu.

Jika iritasi yang terjadi sangat parah, segera hubungi dokter ya Ladies. Agar kamu bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Semoga info ini bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading