Sukses

Beauty

Nggak Usah Takut Bau, Berkeringat Baik untuk Kesehatanmu

Kamu takut berkeringat karena bikin badan bau dan lengket? Hm, iya sih kalau badan berkeringat jadinya nggak nyaman sama sekali. Akhirnya jadi lebih banyak yang memilih nggak olahraga atau aktif menggerakkan badan karena takut berkeringat. Padahal berkeringat itu bisa memberi banyak manfaat.

Berkeringat ternyata baik untuk kesehatan. Tubuhmu bahkan akan berterima kasih padamu saat kamu berkeringat. Yuk, kita ungkap satu per satu manfaat berkeringat. Biar kamu juga lebih semangat olahraga sehingga kebugaran terjaga.

    Keringat Bisa Membantu Tubuh Mengeluarkan Racun

    Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, saat berkeringat, kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan menggunakan keringat sebagai salurannya. Para ahli sepakat bahwa kita pada umumnya akan mengeluarkan garam berlebih, kolesterol, dan alkohol melalui keringat. Olahraga hingga berkeringat bisa membersihkan tubuh dari racun dan mengatasi arteri yang tersumbat. Tuh, racun dalam tubuh ternyata bisa ikut keluar bersamaan dengan keringat.

    Membantu Proses Penyembuhan Luka

    Beberapa tahun belakangan, banyak penelitian tentang kelenjar keringat ekrin yang dilakukan. Di University of Michigan, peneliti Laure Rittie mengungkapkan bahwa kelenjar ini memiliki peran yang penting dalam sel batang orang dewasa yang bisa membantu proses penutupan luka. Keringat juga dapat berperan sebagai antibiotik. Luka kecil dan tergores bisa sembuh karena adanya agen anti biotik yang ada di kelenjar keringat.

    Menjaga Kestabilan Mental dan Kesehatan Otak

    Pernahkah kamu menyadari bahwa olahraga bisa membuat suasana hati lebih baik?Biasanya setelah kamu berolahraga cukup keras dan berkeringat, kamu akan merasa lebih bahagia dan tingkat stres pun berkurang. Tubuh bisa meningkatkan produksi endorfin melalui olahraga. Fungsi endorfin ini sendiri selain bisa membuat otak terasa lebih segar juga bisa menjadi pereda sakit alami. Sehingga nggak heran kalau sehabis olahraga, perasaan jadi lebih bahagia dan lapang rasanya.

    Membantu Proses Pengeluaran BPA dari Dalam Tubuh

    Pernah mendengar istilah BPA? Bisfenol-A (BPA) merupakan racun yang mengganggu perkembangan tubuh, saraf, dan alat reproduksi. Saat ini banyak sekali produk plastik yang menggunakan BPA. Dan polutan yang dihasilkannya sangat buruk untuk kesehatan manusia. Tapi meskipun tidak bisa dideteksi dalam darah atau urin, keringat kita terbukti efektif untuk mengeluarkan BPA dari sistem tubuh kita.

    Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang olahraga teratur dan kebutuhan cairan tubuhnya tercukupi, dirinya bisa terhindar dari penyakit batu ginjal. Berkeringat saat berolahraga bisa membuatmu mau tidak mau minum cukup air dan bisa membuat ginjalmu tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, olahraga secara teratur juga bisa menjaga fungsi kelenjar keringat dengan baik.

Jadi, apa kamu masih malas untuk olahraga dan berkeringat? Ternyata tubuh kita memang sudah dilengkapi dengan keringat yang ternyata juga berperan sebagai agen penyembuh dan penyelamat. Semoga info ini bermanfaat, ya Ladies. Yuk, lebih rutin berolahraga dan berkeringat lagi.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading