Sukses

Beauty

Jangan Panik Dulu! 7 Kondisi Aneh Saat Haid Ini Sebenarnya Normal

Saat haid, kondisi tubuh akan berbeda dari biasanya. Selain gampang capek, kondisi tubuh juga biasanya akan gampang ngedrop. Bahkan ada kondisi-kondisi yang rasanya aneh.

Memang kondisi tubuh saat haid seringkali menjadi bahan pertanyaan setiap wanita. Kita sering khawatir, kondisi ini normal nggak ya? Aduh, jangan-jangan ada yang salah dengan kondisi dan siklus bulananku? Saat sedang haid, ada sejumlah kondisi aneh yang mungkin kita alami. Tapi sebenarnya kondisi tersebut masih dalam batas normal. Apa sajakah kondisi yang dimaksud? Berikut tujuh kondisi umum yang sepintas aneh tapi sebenarnya normal dialami saat kamu sedang haid.

    Payudara Terasa Kencang dan Nyeri

    Seperti yang dilansir oleh idiva.com, payudara akan terasa keras, agak besar dan nyeri saat haid atau menjelang haid. Hal ini bisa dirasakan mulai sebelum menstruasi karena adanya perubahan hormonal. Penyebabnya adalah karena adanya sekresi progesteron yang membuat payudara mengalami hal tersebut. Tapi nanti seiring datangnya haid, payudara akan kembali terasa normal.

    Keluarnya Darah Cokelat dari Miss V

    Di pikiran kita semua darah seharusnya berwarna merah, jadi agak aneh kalau keluar darah cokelat dari Miss V saat haid. Namun ini sangat normal, Ladies. Darah cokelat yang keluar ini disebabkan oleh adanya oksidasi, terlalu lamanya darah di dalam ovarium akan membuat darah berubah warna. Itulah mengapa darah cokelat biasanya keluar saat awal atau akhir-akhir masa menstruasi.

    Makin Sering Buang Air Besar

    Di awal-awal siklus menstruasi, mungkin kamu jadi sering buang air besar. Dan hal ini tergolong normal. Seperti yang dilansir oleh top10homeremedies.com, penyebabnya adalah perubahan hormon. Saat mulai haid, tubuh akan mengeluarkan senyawa bernama prostaglandin. Semakin tinggi produksi prostaglandin, maka kontraksi akan semakin kuat dan menyebabkan gejala yang mirip diare. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi kentang rebus dengan nasi hangat.

    Pusing atau Sakit Kepala

    Pernah merasa makin sering pusing atau sakit kepala saat sedang haid? Saat siklus haid berlangsung, perubahan hormon yang terjadi sangat erat kaitannya dengan sakit kepala yang kita rasakan. Hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh bisa memicu senyawa-senyawa penyebab sakit kepala di otak, sehingga dapat membuat kita pusing. Banyak wanita penderita migrain yang merasa sakit kepala sebelum atau saat sedang menstruasi. Nah, salah satu langkah awal sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengompres kening pakai air dingin. Atau bisa juga dengan menggunakan daun mint segar yang sudah ditumbuk lalu ditempelkan di kening.

    Perut Terasa Mual Hingga Muntah atau Kembung

    Banyak wanita yang mengalami mual saat haid. Beberapa di antaranya bahkan sampai muntah-muntah. Mual sebenarnya bukan masalah serius. Hanya saja bisa membuat tubuhmu jadi sangat kelelahan dan lemah. Mual dan muntah ini terjadi karena produksi prostaglandin (senyawa yang terdapat dalam kelenjar kelamin) saat siklus haid berlangsung. Hal ini kemudian membuat dinding rahim berkontraksi dan menyebabkan mual dan kram perut. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa ambil irisan buah lemon dan mencium aromanya. Meminum jahe hangat juga bisa membantu meredakan rasa mualmu. Selain itu, perut kembung juga hal umum yang bisa terjadi saat kamu sedang haid. Penyebabnya adalah karena banyaknya perubahan hormonal di daerah perut. Coba hindari makan makanan berlemak, perbanyak serat atau makan buah untuk mencegah perut kembung.

    Keluar Gumpalan Bersamaan dengan Darah Haid

    Dalam darah haid, biasanya terlihat ada gumpalan di dalamnya. Gumpalan darah ini biasanya normal dan tak berbahaya. Gumpalan darah ini bisa berwarna merah, merah kehitaman, cokelat, atau bahkan hitam. Kenapa bisa ada gumpalan? Gumpalan tersebut terbentuk sebagai bagian dari proses peluruhan di dinding rahim. Untuk mengatasinya, kamu bisa kompres perutmu dengan air hangat, tujuannya untuk memperlancar aliran darah. Tapi kalau gumpalan darahnya besar dan sangat kental, segera berkonsultasilah dengan dokter, ya Ladies.

    Tubuh Terasa Lebih Panas dari Biasanya

    Saat sedang haid, kamu mungkin juga akan merasa tubuhmu terasa lebih panas dari biasanya. Suhu tubuh bisa naik saat haid. Penyebabnya adalah  karena adanya perubahan dalam ovarium. Kondisi tersebut merupakan tanda ovulasi, bisa juga pertanda kehamilan atau terjadi selama siklus haid.



Tak perlu langsung panik saat kamu mengalami kondisi atau gejala tersebut saat sedang haid. Perubahan hormon dalam tubuh saat haid memang akan memberi banyak pengaruh pada perubahan yang terjadi di tubuh kita. Tapi kalau segalanya terasa mulai mengkhawatirkan atau kamu tidak tenang dengan kondisi yang kamu alami, segera hubungi dokter, ya Ladies.

Semoga info ini bermanfaat buatmu!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading