Sukses

Beauty

Jangan Sering Mengunyah Permen Karet, Terbukti Bikin Diare

Jika ingin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, mungkin mengunyah permen karet jadi salah satu saran yang baik. Tapi jangan kebiasaan makan permen karet dari sekarang deh ladies, karena ternyata mengunyah permen karet punya efek tak sehat untuk perutmu.

Menurut Roshini Rajapaksa, MD, editor medis Health.com dan gastroenterologis asal New York University, mengunyah banyak permen karet tidaklah baik, kareena permen karet mengandung sorbitol yang bisa bereaksi sebagai obat pencahar, menyebabkan perut kembung dan bahkan diare.

Bukan hanya itu, menurut beberapa penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa mengonsumsi banyak pemanis buatan sorbitol bisa menimbulkan diare kronis, malnutrisi dan bahkan penurunan berat badan drastis.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology tahun 1993 juga membuktikan bahwa orang-orang yang makan permen karet mengalami perut kembung karena konsumsi 10 gr sorbitol, kram dan diare setelah mengonsumsi 20 gr sorbitol.

Meski memang efeknya tidak berlangsung jangka panjang, namun cukup mengkhawatirkan. Dan efek konsumsi sorbitol pada setiap orang juga berbeda-beda. Jika pencernaan lebih sensitif, kemungkinan efeknya lebih parah dan cepat dirasakan. Jika kamu hanya sesekali saja makan permen karet, efeknya mungkin tidak bisa dirasakan, asal jangan berlebihan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading