Makan Menu Yang Sama Bikin Kurus

Selasa, 25 Oktober 2011 07:00



(c) theglobeandmail Vemale.com - Makanan dibuat beraneka ragam dan bervariasi agar untuk memikat nafsu makan manusia. Dengan lauk yang tidak pernah membuat bosan, kita selalu bersemangat untuk menyantap makanan sehingga nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

Namun saat Anda merasa 'kelebihan', dan berniat mengurangi berat badan dengan berdiet, seharusnya Anda justru menghindari segala bentuk penggoda selera makan. Itu berarti akan baik jika Anda bosan dengan menu yang itu-itu saja, karena dengan demikian Anda tidak akan makan secara berlebihan.

Para peneliti juga menemukan bahwa beragam pilihan produk makanan dan minuman yang ada di pasaran saat ini bisa memicu obesitas dan pemilihan makanan yang buruk. Dengan hipotesa dan penemuan ini, peneliti melihat adanya hubungan antara menu makanan yang monoton dengan asupan kalori seseorang.

Dikutip dari Daily Mail, sebuah penelitian yang diadakan oleh Universities of Buffalo and Vermont, menemukan bahwa wanita yang makan macaroni dan keju setiap hari selama satu minggu mengasup 100 kalori lebih sedikit setiap harinya daripada makan biasa di jangka waktu yang sama.

Dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti mengemukakan bahwa tidak peduli kelebihan berat badan atau tidak, seseorang yang mengonsumsi makanan yang beragam asupan kalorinya juga lebih banyak setiap minggunya. Singkat kata, makan menu yang sama setiap hari bisa membuat Anda sangat bosan dengan makanan tersebut sehingga akan makan lebih sedikit.

Lalu bagaimana dengan penyerapan tubuh terhadap makanan tersebut? Sama halnya dengan pengobatan terus menerus justru membuat efeknya tidak terasa lagi, ternyata efek habituasi ini juga berlaku untuk makanan. Sayangnya belum diketahui konsumsi berapa lama yang bisa menyebabkan seseorang merasakan habituasi ini.

Anda yang ingin menerapkan cara ini, jangan tertipu dengan hanya menyediakan satu jenis bahan makanan di kulkas Anda. Poin yang paling penting adalah keseimbangan nutrisi walaupun menunya itu-itu saja. Lengkapi kebutuhan nutrisi, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral serta lemak dalam jumlah cukup dalam satu menu yang akan Anda ulang-ulang untuk berhari-hari. (vem/miw)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

28 Juli - 3 Agustus
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...