Sukses

Beauty

Awas, Berlebihan Pakai Make Up Meningkatkan Risiko Kanker

Bagi wanita, make up telah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Bisa dipastikan bahwa semua wanita memiliki alat make up di tasnya. Entah itu hanya berupa bedak dan lipstik, atau ada banyak alat make up lainnya.

Make up telah menjadi peralatan wajib bagi setiap wanita. Dengan make up, seseorang yang semula terlihat biasa saja dan polos, dalam sekejap bisa disulap menjadi sangat cantik, mengesankan dan bikin kagum. Kekuatan make up memang tidak boleh diragukan begitu saja. Tapi nih ya, buat kamu yang hobi memoles make up di wajah dengan sangat tebal alias berlebihan, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Dikutip dari laman boldsky.com, mengaplikasikan make up berlebihan di kulit wajah sangat berbahaya. Para ahli mengungkapkan jika make up yang diaplikasikan secara berlebihan meningkatkan risiko kanker. Dari kanker kulit, kanker hati hingga kanker payudara.

Tak hanya itu saja, make up yang berlebihan juga memungkinkan seseorang menderita beberapa penyakit berbahaya dan mematikan lainnya. Penyakit tersebut antara lain adalah gagal ginjal, penuaan dini, penyakit tulang, radang tenggorokan, ketidakseimbangan hormon dan penyakit endokrin.

Kandungan zat kimia yang terkandung di dalam make up khususnya pada lipstik, cat kuku, pewarna rambut dan lotion tabir surya dikenal sangat membahayakan kesehatan dan kecantikan. Zat kimia yang dikenal sebagai benzofenon dan dianggap mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV A maupun UV B ternyata merupakan salah satu bahan kimia yang mendorong dan menyebabkan pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Mengingat begitu berbahayanya make up buat kesehatan, beberapa ahli kesehatan menyarankan agar kita tak memakai make up berlebihan setiap harinya. Usahakan untuk segera menghapus make up jika memang sudah tak dibutuhkan lagi. Jangan lupa untuk selalu membersihkan make up setiap kali hendak tidur. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua semakin bijak dalam bermake up.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading