Sukses

Health

5 Penyebab Mudah Lapar dan Ingin Terus Makan, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa terus menerus lapar meski telah makan banyak? Atau kalau tidak, ingin terus ngemil dan mengunyah makanan ringan yang ada di depan kamu? Tenang, ini merupakan suatu kondisi yang wajar kok. Setiap orang juga pernah merasakan kondisi ini.

Mengutip laman prevention.com, perasaan lapar terus menerus dan keinginan untuk terus makan sebenarnya disebabkan oleh banyak hal. Sedikitnya ada lima penyebab umum kenapa kamu terus merasa lapar dan ingin makan. Berikut penyebab tersebut.

 

1. Kurang Tidur

Para peneliti di Kings College London menemukan bahwa kurang tidur bisa memicu rasa lapar yang berlebih. Tidur selama 5 jam atau kurang dalam sehari sangat memungkinkan seseorang konsumsi kalori berlebih setiap harinya. Semakin banyak waktu seseorang untuk terjaga, besar kemungkinan baginya untuk terus merasa lapar dan ingin makan.

2. PMS

Pre Menstrual syndrome (PMS) merupakan penyebab utama dari perasaan lapar dan keinginan untuk makan secara berlebih. Hampir semua wanita yang sedang PMS merasa sangat lapar dan mengalami peningkatan nafsu makan. Ini terjadi karena saat PMS, tubuh mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan.

3. Stres/Kesepian

Jika kamu merasa stres, kesepian atau banyak pikiran, secara tidak langsung hal ini berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Ini juga berpengaruh besar terhadap otak dan mendorongnya merasa lapar, butuh ngemil atau ingin terus menerus makan. Selain meningkatkan keinginan untuk makan, tidak jarang stres akan membuat kondisi kesehatan kamu kurang stabil.

 

4. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga dan gerak tubuh yang dilakukan terlalu keras serta berat akan membuat kalori yang dibakar tubuh sangat banyak. Vicki Shanta Retelny, ahli kesehatan dari Amerika mengungkapkan jika ketika kalori yang dibakar oleh tubuh banyak, ini juga akan membuat kalori yang dibutuhkan bertambah banyak pula. Saat tubuh membutuhkan banyak kalori, nafsu makan pun akan meningkat.

5. Kurang Minum Air Putih

Kurangnya asupan air putih dipercaya menjadi penyebab meningkatkan rasa lapar. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemah, kurang bersemangat dan lemas. Dehidrasi juga meningkatkan risiko stres, depresi atau kecemasan yang membuat kamu semakin merasa lapar dan ingin terus menerus makan.

Itulah lima penyebab dari rasa lapar berlebihan dan kenapa kamu ingin terus menerus makan. Untuk mengatasi rasa lapar yang berlebih, pastikan untuk minum air putih cukup, istirahat cukup, jangan stres atau depresi, dan cukupi kebutuhan nutrisi serta vitamin tubuh dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading