Sukses

Beauty

Berapa Banyak Sih Protein yang Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Selain vitamin, serat dan karbohidrat, setiap hari tubuh kita juga sangat membutuhkan kecukupan asupan protein. Mengenai protein, ini bisa didapat dari daging, telur, ikan, kentang, kacang-kacangan atau sejenisnya. Tapi ingat, meski tubuh sangat memerlukan asupan protein, para ahli menyarankan agar kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung protein maupun lemak.

Dikutip dari laman asiantown.net, orang dewasa disarankan mengonsumsi asupan protein sebanyak 0,75 gram per satu kilo gram berat badan. Peneliti di Inggris mengungkapkan jika asupan protein yang dikonsumsi berlebih, ini bisa berakibat buruk buat kesehatan. Kelebihan asupan protein meningkatkan risiko obesitas dan risiko berbagai penyakit mematikan seperti jantung, diabetes maupun kolesterol.

Sedangkan para peneliti dari Amerika mengungkapkan jika memberi asupan protein berlebih untuk tubuh bisa meningkatkan risiko stres, depresi, perasaan cemas, gundah dan galau. Kelebihan protein juga memungkinkan kita menjadi pribadi yang malas, kurang bersemangat dan rentan lelah. Idealnya, asupan protein yang dibutuhkan tubuh adalah 0,75 gram per 1 kg berat badan. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kebutuhan protein beberapa orang idealnya adalah 0,80 gram per 1 kg berat badan.

Selain disarankan untuk tidak berlebihan konsumsi makanan yang kaya protein, peneliti juga menyarankan agar kita tak kekurangan asupan protein. Sebagai salah satu nutrisi yang penting buat kesehatan, protein sangat dibutuhkan tubuh. Protein berfungsi baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein juga dipercaya sebagai sumber energi terbaik dan bermanfaat mencegah tumbuhnya sel jahat dalam tubuh seperti halnya sel kanker atau tumor.

Well Ladies, sudah tahu kan seberapa banyak protein yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari? Agar tubuh senantiasa sehat dan bebas dari berbagai risiko penyakit, pastikan cukupi kebutuhan protein kamu. Jangan berlebihan dan jangan pula kurang. Selain penuhi kecukupan nutrisi protein, mencukupi vitamin, karbohidrat, serat dan lainnya juga sangat penting.

Miliki pola hidup sehat, istirahat cukup, konsumsi air putih cukup dan olahraga cukup agar tubuh awet sehat, bugar serta segar. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading