Sukses

Beauty

Tak Semua Karbohidrat Bikin Gemuk, Yang Ini Justru Baik Buat Usus

Banyak orang diet pasti akan mengurangi makanan-makanan tinggi karbohidrat dan menambah makanan yang tinggi protein. Alasannya sederhana, karena karbohidrat sangat mudah diubah jadi lemak jika menumpuk di tubuh, akhirnya tubuh jadi mudah gemuk.

Tapi tak semua karbohidrat buruk lho. Penelitian membuktikan bahwa beberapa jenis karbohidrat yang disebut dengan pati resisten justru bisa meningkatkan kesehatan dengan cara menjaga kadar gula darah dan kebersihan usus. Pati resisten adalah jenis serat makanan yang terdapat dalam kentang, pisang, chickpea, gandum dan makanan lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal British Nutrition Foundation dan University College Dublin yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Bulletin ini menganalisis manfaat sehat pati resisten. Makanan mengandung pati resisten juga bisa melawan efek negatif dari kebiasaan makan daging merah dan bahkan bisa mengurangi risiko kanker usus.

Pati resisten memiliki reaksi berbeda saat dicerna, setelah sari makanan didapat, pati resisten membentuk ikatan asam lemak pendek yang bukan hanya bisa diubah jadi energi tapi juga bisa diubah jadi prebiotik yang baik untuk usus.

Makanan mengandung pati resisten juga sangat baik untuk orang diabetes karena fungsinya yang bisa menjaga gula darah. Tapi tentu saja penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan. Para peneliti juga menyarankan untuk makan lebih banyak makanan berserat agar manfaatnya bisa dirasakan.

Jadi, kata siapa semua karbohidrat harus dihindari dan bikin gemuk? Nyatanya, beberapa karbohidrat justru punya banyak manfaat sehat untuk tubuh.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading