Sukses

Beauty

Warna Darah Haid Bisa Indikasikan Kondisi Kesehatan Tubuh Lho

Ternyata tak cuma warna air seni saja yang bisa mengindikasikan kondisi tubuh seseorang. Bagi wanita warna darah haid yang dikeluarkan ternyata juga bisa jadi petunjuk kondisi kesehatan tubuh lho Ladies. Mungkin memang sedikit menjijikkan bagi beberapa orang, namun dengan menganalisa warna darah menstruasi ini kamu bisa mendeteksi kondisi kesehatan dan bisa mencegah atau mungkin menanggulangi penyakit yang mungkin ada dalam tubuh lho Ladies.

Berikut ini adalah daftar lengkap warna darah haid dan apa artinya agar kamu bisa berjaga-jaga dan mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu Ladies. Check these out.

  • Jika warna darah menstruasimu merah cerah maka kamu dalam keadaan normal dan tak ada yang perlu dikhawatirkan Ladies. Mayoritas wanita mengalaminya pada awal siklus menstruasi mereka. Tapi ada yang harus diwaspadai Ladies, jika aliran darah berlebihan dan ada kram ekstra menyakitkan, bisa jadi ada yang bermasalah dengan alat reproduksimu.
  • Darah menstruasi coklat juga sering dialami oleh beberapa wanita. Ini dikarenakan suhu tubuh yang sedang tinggi Ladies. Ini perlu ditangani dan berkonsultasi dengan dokter jika terjadi dalam waktu yang cukup lama atau kesuburanmu bisa terganggu.
  • Beberapa wanita juga pernah mendapati darah menstruasi mereka yang berwarna hitam. Darah ini umumnya keluar menjelang akhir siklus menstruasi. Ini adalah darah yang disimpan terlalu lama. Biasanya ini sering terjadi pada wanita yang menderita endometriosis.
  • Beberapa wanita juga mengalami menstruasi dengan darah-darah yang menggumpal. Sedikit pembekuan darah selama menstruasi baik-baik saja tetapi ketika pembekuan tersebut berlebihan dan sering terjadi setiap menstruasi maka bisa jadi kamu tersebut memiliki fibroid. Ini berisiko menyebabkan masalah serius jika tidak dirawat tepat waktu. Segera konsultasikan dengan doktermu Ladies.
  • Jika kamu mengalami menstruasi dengan darah berwarna pink maka bisa jadi kamu kekurangan zat besi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh tak seimbang Ladies. Bisa jadi ini adalah pertanda pencernaanmu yang tidak beres.
  • Apabila dalam satu siklus menstruasi kamu mengalami perubahan warna darah maka ini adalah indikasi bahwa ada ketidakseimbangan hormon tertentu. Hal ini bisa disebabkan karena stres, perubahan gaya hidup dan pola makan juga.


Nah Ladies, itu tadi adalah beberapa informasi penting soal warna darah menstruasi yang ternyata mampu mengindikasikan kondisi kesehatan tubuhmu. Jika memang dirasa ada yang kurang beres maka segeralah berkonsultasi dengan doktermu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading