Sukses

Beauty

Dalam Sehari, Berapa Banyak Kopi yang Boleh Dikonsumsi?

Aromanya yang wangi dan rasanya yang khas memuat kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang di dunia suka atau setidaknya pernah minum kopi.

Sebagai salah satu minuman yang juga dikenal mampu membangkitkan energi, nampaknya kopi juga dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa meredakan stres, membuat perasaan makin nyaman dan baik buat kesehatan. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika kopi menjadi salah satu minuman yang bisa menekan risiko kanker pada tubuh ketika ia dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Meski kopi sangat baik buat kesehatan fisik maupun psikis, konsumsi kopi yang tinggi akan kafein secara berlebihan ternyata sangat tidak baik buat kesehatan. Konsumsi kopi terlalu banyak justru mampu meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Konsumsi kopi secara berlebih justru akan membuat jantung menjadi berdebar-debar, perut kembung dan kepala pusing. Kandungan kafein serta beberapa senyawa aktif di dalam kopi lah yang dikatakan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari laman fitsugar.com, kita tak pernah diperkenankan konsumsi kopi secara berlebih. Idealnya, dalam sehari kopi yang boleh dikonsumsi tak lebih dari 300 mg atau sekitar 2 sampai 4 gelas. Jika kita nekat konsumsi kopi lebih dari jumlah ini, tidak jarang hal ini akan membuat perasaan kita menjadi lebih mudah cemas, jantung berdebar lebih cepat dan kepala pusing. Konsumsi kopi dalam jumlah berlebih juga akan berpengaruh buruk bagi sistem pencernaan.

Tak hanya itu saja, konsumsi kopi berlebih juga akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit berbahaya lainnya. Oh iya, selain tak boleh konsumsi kopi secara berlebih, para ahli juga sangat menyarankan agar kita tak konsumsi teh berlebih. Dikatakan, teh juga merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein di dalamnya.

Memang, kafein sangat diperlukan tubuh agar tubuh bisa lebih energik, lebih fokus dan nyaman. Tapi harus diingat bahwa mengonsumsi kafein harus dibatasi dan tak boleh berlebihan. Konsumsi kafein yang berlebihan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Secinta apapun kamu dengan kopi dan teh, usahakan untuk senantiasa mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Usahakan pula untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading