Sukses

Parenting

Kenali Pentingnya Gizi Seimbang Untuk Si Buah Hati Yuk, Ladies!

Sejalan dengan pergantian usianya, kebutuhan gizi seimbang bagi Si Buah Hati sangatlah diperlukan. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat dibutuhkan agar Si Buah Hati  dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memenuhi 10 Tanda Umum Anak Bergizi baik. Jika sudah tercukupi, tentu saja hal ini sangat mendukungnya menjadi sehat, bugar, cerdas dan berprestasi.

Ladies, berdasarkan fungsinya zat gizi dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Ketiga fungsi zat gizi ini sering disebut sebagai Triguna Makanan yang sebaiknya terpenuhi dalam menu sehat Si Buah Hati  setiap hari. Yuk, kenali Triguna Makanan ini lebih baik.

Zat Tenaga

Si Buah Hati  yang aktif di sekolah perlu didukung dengan makanan yang menghasilkan energi lebih untuk tubuh. Nah, inilah peran zat tenaga yang memiliki definisi sebagai zat gizi yang dibutuhkan Si Buah Hati  untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karbohidrat dan lemak merupakan makanan sumber tenaga. Anda dapat menemukan zat tenaga ini dari makanan seperti nasi, kentang, singkong, ubi, gandum dan sagu sebagai sumber karbohidrat.

Zat Pembangun

Zat pembangun merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Zat ini sangat dibutuhkan Si Buah Hati  seiring pertumbuhannya, agar ia dapat tubuh sehat, bugar, cerdas dan berprestasi. Zat gizi yang termasuk dalam zat pembangun adalah protein, baik protein hewani maupun nabati. Sumber utama protein hewani bisa didapatkan dari ikan, ayam, telur, daging dan susu. Sedangkan sumber protein nabati bisa diperoleh dari tahu, tempe, kacang hijau dan kacang tanah. Pastikan Si Buah Hati mengonsumsi beragam makanan kaya protein hewani dan nabati setiap hari ya.

Zat Pengatur

Dalam tumbuh kembang anak, zat pengatur juga sangat diperlukan untuk membantu proses metabolisme serta mengatur fungsi organ tubuh. Nah, zat gizi ini terdiri dari vitamin dan mineral yang dapat Anda peroleh dari sayuran, seperti wortel, bayam, kangkung, serta buah-buahan, seperti pepaya, pisang, jeruk, jambu, manga juga makanan lain seperti daging, telur dan susu.

Bagaimana Ladies, sudah lebih mengenal gizi seimbang untuk tumbuh kembang Si Buah Hati? Pertumbuhannya akan lebih maksimal jika diimbangi dengan air yang diperlukan untuk proses metabolisme, pencernaan dan pengatur suhu tubuh.

Dianjurkan pula untuk mengonsumsi makanan kaya serat agar BAB lancar dan teratur. Jangan lupa, untuk selalu memastikan  asupan nutrisi Si Buah Hati guna mendukung pertumbuhan dan aktivitasnya. Nestlé DANCOW FortiGro yang diperkaya dengan Kalsium, Vitamin A, B1, B2, B6, B9, B12, C, D, Zat Besi, dan Zinc akan membantu mendukung kebutuhan gizinya.

Si Buah Hati yang mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Jadi, pastikan Anda selalu memberikan yang terbaik untuknya ya, Ladies! 

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading