Sukses

Parenting

Melarang Saja Tak Cukup, Ini Tips Efektif Biar Anak Nggak Kecanduan Gadget

Semakin dilarang melakukan sesuatu, anak biasanya akan semakin penasaran dan terus melakukan sesuatu tersebut. Termasuk ketika sudah menyangkut bermain gadget. Semakin dilarang, anak biasanya akan semakin menjadi untuk terus-terusan main gadget. Akibatnya bukannya berhenti, anak malah jadi kecanduan gadget.

Melarang saja memang tak cukup, moms. Kita memang perlu melakukan pendekatan dan cara berbeda agar anak tidak kecanduan main smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya. Seperti dengan menerapkan sejumlah tips berikut ini.

Buat Batasan yang Tegas
Penggunaan gadget dan alat-alat elektronik lainnya harus dibatasi. Dilansir dari brightside.me, American Academy of Pediatrics merekomendasikan batasan jam seperti ini. Untuk bayi di bawah 18 bulan, sebaiknya tak diperkenalkan dulu dengan gadget. Sementara untuk balita usia 2-5 tahun, waktu bermain gadget maksimal 1 jam saja dalam sehari. Sedangkan untuk anak di atas usia 6 tahun, batasi hingga 2 jam saja. Sebagai orang tua kita perlu membuat batasan yang tegas agar anak juga tetap bisa mendapat waktu istirahat dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan kebutuhannya.

Buat batasan yang jelas./Copyright brightside.me

Melarang Saja Nggak Cukup, Berikan Alternatif
Menyuruh anak berhenti main gadget tidak akan cukup. Coba berikan alternatif untuknya sebagai penggantinya, seperti membuat kerajinan tangan, bermain bola, atau main ke taman rekreasi. Beri pilihan aktivitas yang bisa sangat mendukung tumbuh kembangnya dengan baik.

Beri alternatif./Copyright brightside.me

Jadilah Panutan
Nggak mau anak kecanduan gadget tapi kita sendiri masih sering asyik sendiri main gadget? Kondisi seperti ini terasa sangat kurang adil. Sebagai orang tua, kita perlu jadi panutan yang baik juga untuk anak-anak. Selain itu, kita juga harus memberi pengertian soal bagaimana memanfaatkan teknologi dan internet dengan baik. Bahwa internet itu bukan cuma tempat untuk cari hiburan tapi juga cari berbagai jenis ilmu pengetahuan. Penting juga untuk mewanti-wanti anak agar tak sembarangan membagikan info pribadinya di internet.

Jadilah panutan./Copyright brightside.me

Buat Area yang Bebas Gadget
Tetapkan area atau ruangan tertentu yang akan jadi zona bebas gadget. Seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang makan. Di ruangan tersebut, buat kesepakatan bersama keluarga untuk tidak menggunakan gadget sama sekali. Sehingga bisa lebih fokus menghabiskan quality time bersama.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa moms coba untuk mencegah anak kecanduan gadget. Semoga bermanfaat, ya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading