Sukses

Parenting

Anak Keseringan Main Touch Screen? Waspadai Dampak Negatifnya

Zaman sekarang aneka gadget menggunakan layar sentuh (touch screen), mulai dari ponsel hingga tablet. Anak-anak zaman sekarang pun gampang akrab dengan berbagai gadget. Kemudahan layar sentuh benar-benar membuat anak tak menemui kesulitan yang berarti saat bermain dengan layar sentuh.

Hanya saja kita juga perlu waspada, Moms. Jangan sampai membiarkan anak keseringan main dengan layar sentuh. Dampaknya bisa cukup negatif. Dilansir dari livescience.com, dalam sebuah penelitian di Inggris disebutkan bahwa anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun yang keseringan main gadget dengan layar sentuh akan butuh waktu lebih lama untuk bisa terlelap tidur, dibandingkan dengan anak yang jarang main layar sentuh.

Balita dan anak-anak yang keseringan bermain dengan layar sentuh akan lebih banyak tidur di siang hari tapi akan sulit tidur di malam hari. Kualitas tidur anak bisa kena dampaknya bila kebiasaan bermain gadget tidak dibatasi.


Dalam penelitian sebelumnya, terlihat ada hubungan antara penggunaan layar sentuh dengan efeknya terhadap kualitas tidur. Anak-anak dan remaja bisa memiliki masalah sulit tidur dan tidak mendapat cukup jam tidur di malam hari bila keseringan bermain layar sentuh. Tim Smith, dosen psikologi kognitif di Birkbeck, University of London juga menyebutkan bahwa penggunaan layar sentuh bisa mempengaruhi mental dan psikologi anak.

Meski para peneliti belum memberi penjelasan lebih lanjut akan efek jangka panjang penggunaan layar sentuh pada anak, orang tua tetap harus lebih waspada dan mengawasi penggunaan gadget pada anak. Jangan sampai waktu bermain anak dihabiskan hanya dengan main gadget saja, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading