Sukses

Parenting

5 Cara Alami Atasi Flu dan Batuk Bagi Ibu Hamil

Saat hamil memperhatikan kesehatan sangat penting. Namun siapa yang dapat mencegah sakit? Saat hamil pun tidak dapat menghindari serangan flu dan batuk. Padahal saat hamil, disarankan untuk minum obat secara sembarangan. Minum obat yang salah dapat berakibat buruk bagi kesehatan mom maupun si kecil yang dalam kandungan.

Menurut American Pregnancy Association, sistem kekebalan tubuh kemungkinan akan berubah selama kehamilan, dan karena perubahan ini, seseorang dapat terkena pilek atau batuk di beberapa titik selama sembilan bulan. Lalu apa yang harus dilakukan saat hamil dan flu serta batuk menghalangi aktivitas?

Agar tidak salah langkah berikut ini adalah cara untuk mengatasi flu dan batuk bagi ibu hamil. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Air Garam

Faktanya saat flu dan batuk, pernapasan sedikit kurang baik. Maka yang perlu mom lakukan adalah melancarkan pernapasan dengan menggunakan air garam. Campur ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Gunakan pipet untuk memasukkan beberapa tetes larutan ke lubang hidung, satu per satu dengan kepala mom miring ke belakang. Lalu tiup perlahan hidung mom untuk menghilangkan lendir dan larutan berlebih.

 

2. Sup Ayam

Semangkuk sup ayam akan membuat flu dan batuk mom lebih cepat sembuh. Selain menghangatkan, kandungan gizinya baik untuk kesehatan ibu hamil. Sup ayam kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 

3. Jahe

Jahe adalah obat lain yang sudah teruji oleh waktu untuk pilek dan batuk selama kehamilan. Jahe memiliki efek pemanasan pada tubuh dan membantu membersihkan racun dari tubuh, memperbaiki sirkulasi darah dan secara efisien menyingkirkan bakteri dan virus berbahaya yang menyebabkan pilek dan batuk.

 

4. Kunyit

Selain jahe, mom juga dapat memanfaatkan kunyit untuk mengatasi flu dan batuk. Kandungan antibiotik yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit juga mengandung antimikroba dan anti-inflamasi yang sangat baik yang membantu mengurangi peradangan dan membantu pemulihan cepat dari infeksi virus. Kunyit juga efektif untuk menghilangkan radang tenggorokan dan peradangan hidung.

 

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Saat flu dan batuk tubuh mudah dehidrasi, maka untuk menghindarinya pastikan mom cukup mengonsumsi air putih. Perbanyak konsumsi air putih serta buah dan sayur. Memastikan tubuh terhidrasi akan membantu mengurangi flu dan batuk.

Mom, demikian tips untuk tetap sehat saat flu dan batuk. Semoga informasi ini bermanfaat dan si kecil tetap sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading