Sukses

Parenting

Pakai Alat Kontrasepsi dan KB Bikin Gemuk? Begini Penjelasan Profesor

Banyak yang menyebutkan bahwa menggunakan alat kontrasepsi bisa membuat bobot tubuh semakin meningkat. Inilah alasan mengapa masih banyak ibu yang enggan untuk menggunakan alat kontrasepsi atau pakai pil KB ini.

Namun soal penggunaan kontrasepsi dan pil KB yang bikin bobot bertambah itu tak sepenuhnya benar. Prof. Dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, menjelaskan ada beragam pilihan jenis kontrasepsi untuk menunda kehamilan, seperti pil KB, suntik, koyo (patch), susuk KB, IUD, diafragma, hingga kondom, yang masing-masing memiliki manfaat serta efek samping yang berbeda-beda.

"Sebenarnya, semua jenis KB tidak bikin gemuk, termasuk KB hormonal. Jenis-jenis KB hormonal yang dipakai saat ini tidak mengandung hormon dalam dosis tinggi, jadi efeknya terhadap naiknya berat badan tidak signifikan," ujarnya.

Selain tidak membuat bobot tubuh meningkat, penggunaan pil KB pun membuat kulit lebih bersinar, bebas jerawat, bahkan membuat volume payudara semakin membesar.

"Nah bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, jika menggunakan alat kontrasepsi justru membuat haid semakin lancar," tambahnya.

Tetapi apabila memilih untuk tidak menggunakan KB hormonal, ada bermacam jenis KB lainnya yang tidak menggunakan hormon tetapi tetap efektif untuk mencegah kehamilan. Karena tidak memengaruhi hormon dalam tubuh, maka jenis kontrasepsi ini tidak mengganggu masa menyusui, dan juga tidak memiliki efek samping yang signifikan. Alat-alat kontrasespsi non-hormonal ini mencegah kehamilan dengan cara menghalangi atau mencegah sperma bertemu dengan sel telur, seperti IUD, kondom, diafragma, spermisida atau KB alami.

Nah, ladies untuk memutuskan jenis KB mana yang paling cocok, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, di antaranya usia, riwayat kesehatan, obat yang sedang dikonsumsi, gaya hidup (misalnya merokok), dan kebutuhan. Dan dianjurkan untuk tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik terkait metode kontrasepsi apa yang aman dan sesuai kondisi.

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading