Sukses

Parenting

Lahirkan Bayi Tanpa Drama, Gentle Birth Bisa Dilakukan di Rumah

Melahirkan anak, sedikit banyak menjadi momok bagi beberapa wanita yang baru pertama kali mengalaminya. Di sela kebahagiaan yang membuncah, tentu terselip sedikit kekhawatiran, seperti apa proses persalinan yang akan dijalani nantinya. Cerita tentang bagaimana wanita harus berjuang antara hidup dan mati, dengan ketakutan akan rasa sakit saat bayi keluar dari vagina, membuat beberapa wanita jadi down.

Banyak wanita takut melahirkan karena bayangan rasa sakit.

Padahal mom, melahirkan bayi seharusnya bukan dengan perasaan gelisah. Semangat dan sugesti baik sudah harus ditanamkan sejak seorang wanita diketahui sedang hamil. Selain memenuhi asupan gizi untuk tubuh, para calon ibu juga perlu mendapat asupan semangat dari lingkungannya. Karena sesungguhnya, proses melahirkan yang baik itu seharusnya dengan rasa sakit yang sangat minim, atau bahkan tak ada sama sekali.

Diperkenalkan yang namanya gentle birth, yang mengutamakan proses persalinan dengan tenang, penuh percaya diri, dan kontrol diri sejak masa kehamilan hingga hari kelahiran. Adalah Tracy Donegan, seorang hipnoterapis dari Irlandia, yang membuat konsep proses persalinan ini. Gentle birth ini memungkinkan seorang ibu untuk menjalani proses kelahiran di tempat mana saja yang mereka mau, termasuk di kamar sendiri.

Gentle birth lebih mengutamakan kerja sama antara ibu dan bayi. Berdua mereka akan mencari jalan sendiri untuk bisa melewati proses persalinan. Sang bayi seolah bisa men-direct ibunya untuk memilih posisi paling nyaman sebelum kepala dan tubuh mungilnya keluar dari dalam perut. Sosok ayah pun bisa ikut andil dalam proses ini. Pelukan dan bisikan kalimat-kalimat penyemangat tentu sangat berpengaruh di sini.

Peran suami juga sangat penting dalam proses persalinan gentle birth ini.

Tak hanya water birth ataupun hypno birth saja metode yang bisa dipakai dalam proses kelahiran gentle birth ini. Cara apapun yang dipakai, jika itu dilakukan dengan tenang, tanpa drama, dengan rasa sakit yang sangat minim, itu sudah termasuk gentle birth, meski dilakukan di rumah sakit sekalipun. Well mom, jika kamu adalah calon ibu yang sedang menunggu kelahiran buah hati, mulailah untuk selalu berpikir positif sejak dini.

Selamat bersiap dan bahagia menjadi ibu! Apapun cara melahirkan yang dipilih nantinya, seorang ibu tetaplah seorang ibu.

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading