Sukses

Lifestyle

5 Tantangan Terberat Wanita Merintis Karier di Usia 20an

Umumnya, seorang wanita akan merintis kariernya di usia 20an. Setelah mendapat gelar sarjana dan lulus kuliah, langkah selanjutnya umumnya adalah mencari pekerjaan atau membangun sebuah usaha. Merintis karier atau usaha ini jelas bukan hal yang mudah pada awalnya, ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

Dalam membangun dan mencapai kesuksesan karier yang kita impikan, banyak hal yang harus diperjuangkan dan dikorbankan. Bahkan tak sedikit dari kita yang harus jatuh bangun untuk mendapatkan sebuah posisi atau jabatan yang kita mau. Di usia 20an, setidaknya ada lima tantangan terberat yang dihadapi wanita ketika baru mulai membangun kariernya.

Penghasilan Belum Seberapa, Tagihan Sudah Menumpuk Saja
Mengatur pemasukan dan pengeluaran jadi tantangan tersendiri. Di usia 20an, kamu sudah didesak untuk bisa hidup lebih mandiri. Mengatur segalanya sendiri. Tapi biasanya pekerjaan yang baru belum memberikan penghasilan yang besar. Padahal sudah ada banyak tagihan dan cicilan yang harus dipenuhi. Kalau tak bisa mengatur kondisi keuangan dengan baik, situasi ini akan membuat kita jadi gampang stres.

Semangat merintis karier./Copyright one-step-at-a-time-x.tumblr.com

Beradaptasi dengan Dunia Kerja Butuh Kerja Keras
Dunia kerja berbeda dengan dunia sekolah atau kuliah yang pernah kita lewati. Ada orang-orang baru yang akan kita temui. Belum lagi dengan peran dan tanggung jawab yang lebih berat dari sebelumnya yang harus dijalani. Ditambah lagi dengan kompetisi di dunia kerja, kalau tak bisa mempertahankan sebuah posisi, kita bisa didepak kapan saja.

Sering Dipandang Sebelah Mata karena Belum Berpengalaman
Karena masih belum punya banyak pengalaman, kamu mungkin akan dipandang sebelah mata. Hanya karena usiamu masih muda, orang-orang dengan mudahnya menyepelekanmu. Kalau kamu tak punya mental yang kuat, kamu bisa gampang merasa rendah diri dan jadi gampang menyerah. Tapi yakinlah bahwa usia 20an adalah masa-masa terbaik untuk mengembangkan potensimu.

Saatnya membangun kesuksesanmu./Copyright ellevatenetwork.com

Sulit Mengemukakan Pendapat Sendiri
Kamu masih baru di dunia kerja, mungkin pengalamanmu juga belum seberapa. Sehingga ketika berada di sebuah forum atau rapat, kamu jadi merasa sulit untuk mengemukakan pendapat sendiri. Ada kekhawatiran suara atau opinimu tidak didengar karena kamu masih "anak kemarin sore".

Kesulitan dalam Mengelola Stres
Bekerja di bawah tekanan memang akan membuatmu jadi gampang stres. Tapi begitulah dunia kerja pada umumnya. Kemampuanmu bahkan mungkin baru akan diakui saat kamu sudah bisa membuktikan dirimu bisa bekerja di bawah tekanan. Banyak hal baru yang harus dihadapi dan dikerjakan, mengelola stres jadi hal yang cukup sulit dilakukan.

Merintis karier atau usaha di usia 20an memang akan membuatmu jatuh bangun. Ada proses panjang yang harus kamu lewati. Tapi selama kamu terus melangkah dan mencoba, kesuksesan yang kamu impikan pasti bisa kamu raih.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading