Sukses

Lifestyle

Melly Manuhutu, 14 Tahun Konsisten Konsumsi dan Jual Makanan Organik

Tren gaya hidup sehat belakangan ini semakin marak, banyak orang yang menyadari untuk mengubah pola makan dan juga jenis makanannya. Karena kesehatan tubuh berhubungan erat dengan apa yang kita konsumsi, maka dari itulah banyak orang mulai memperhatikan pola makannya. Tidak terkecuali dengan ibu dua anak berikut ini yang sangat peduli kesehatan keluarganya, sehingga ia lebih memilih mengkonsumsi makanan organik.

Mellyana Manuhutu yang merupakan nama lengkapnya, sejak tahun 2001 hingga saat ini konsisten mengonsumsi makanan organik, hingga kini menjadi bisnis. Dari sayuran, lauk pauk sampai bahan-bahan makanan, semuanya serba sehat. Berawal dari menjual sayuran mentah, usaha wanita mungil ini berjalan dan semakin berkembang dari tahun ke tahun.

"Pertama orang kan kepingin sehat, kedua negara kita agraris apa sih yang gak ada, waktu awal mulai sayur aja, 2002 mulai beras, terus semuanya ada, di Indonesia memang kaya. Itulah mengapa saya masih PD (percaya diri) di bisnis ini. Karena ini makanan pokok yang gak ada habisnya," cerita Melly kepada Vemale saat ditemui di boothnya di Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan Jumat 13 November 2015.

copyright by Vemale.com

Menurutnya, dengan memilih makanan sehat adalah investasi kesehatan jangka panjang. Semenjak Melly memutuskan untuk memberikan makanan yang benar-benar aman untuk keluarganya, kemudian ia lanjutkan dengan menjualnya untuk masyarakat, hal tersebut merupakan langkah yang tepat memulai bisnis dan ia menjalaninya dengan konsisten.

"Kalau jualan makanan organik rumahan yang matang baru ini aja, tapi di rumah punya toko khusus menjual semuanya ada dan lengkap. Karena aku kalau dari dulu buka restoran gak mau karena kurang lengkap. Sekarang bahan semua lengkap aku nunggu sampai ada bawang merah, bawang putih, garam, minyak, lada, kunyit juga bahkan gula jawa organik, aku mau maksimal," ungkap wanita kelahiran 5 Juli 1975 ini.

Beberapa makanan organik buatan Melly/ copyright by instagram.com

Melly pun mengaku kepada Vemale bahwa dirinya tidak mengambil banyak keuntungan dalam bisnisnya ini. Ia ingin agar semua orang dapat mengonsumsi makanan organik. Itulah mengapa Melly tidak memberikan harga yang tinggi dalam setiap penjualannya, baik sayur mentah, beras, bahan-bahan untuk memasak, maupun masakan matang organik.

"Kalau usaha harus ada untungnya, kalau aku untungnya gak terlalu besar, karena harga organik beda ya sama yang biasa, aku bikinnya gak tinggi-tinggi harganya, aku mau gimana caranya supaya orang-orang masih bisa konsumsi organik, dan kalau mau bikin murah juga sulit," jelasnya.

Harga masakan matang organik ala Melly Manuhutu dimulai dari Rp 35.000,00 dan harga sayur mentah dimulai Rp 10.000,00. Bagi Melly, untuk yang ingin mencoba masakan organik mulailah dari menu makanan yang disukai keluarga. Misalnya sayur bayam, ayam krispi atau pun baso untuk anak-anak.

copyright by Vemale.com

"Mulailah untuk hidup sehat dari keluarga, mulai masak organik dengan menu masakan kesukaan keluarga. Ayam krispi seperti di Kentucky pakai tepung singkong, aku malah bikin sendiri tepung singkong. Dan sayur organik itu rasanya berbeda dengan sayur biasa, organik terasa manis dan tidak pahit sehingga anak-anak dapat menyukai sayur," katanya sambil sibuk melayani pelanggan di booth Kemang Organic Market.

Selain itu, makanan organik juga sangat membantu bagi penderita diabetes. Banyak dokter yang merekomendasikan makanan organik untuk diabetes. Sehingga banyak yang datang ke toko Melly untuk membeli makanan organik, karena direkomendasikan oleh dokter.

"Kata penelitian kalau nasi putih biasa tidak boleh untuk diabetes karena gulanya lebih banyak, tapi kalau organik gulanya gak terlalu tinggi karena alami. Lebih baik ke organik kalau makan yang bukan organik numpukin penyakit juga," tutup Melly.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading