Sukses

Lifestyle

Faustine Tan, Wanita Muda Pebisnis E-Commerce Hingga 15 Negara

Gaya tomboy dan suara lembut adalah dua hal yang paling menonjol dari sosok wanita pekerja keras bernama Faustine Tan ini. Wanita kelahiran Surabaya, 13 November 1986 adalah sosok wanita yang sudah meraup kesuksesan besar di usia muda. Dalam waktu tiga tahun belakangan ini, ia bergelut di bisnis bidang e-commerce (online) di salah satu aplikasi gadget yang terus berkembang.

Usaha yang digelutinya pun berbeda dari yang lainnya dan saat ini menjadi yang pertama ada di kawasan Asia Pasifik. Ia adalah Co-Founder HotelQuickly berbasis online. HotelQuickly merupakan akses booking penginapan yang sangat mudah dan cepat, saat ini HotelQuickly sudah ada di 15 negara yang bekerja sama dengan 7000 hotel. Wanita yang mempunyai hobi memasak dan makan ini dipercaya untuk memegang negara Indonesia dan Malaysia oleh CEO HotelQuickly, Tomas Laboutka.

Proses demi proses dijalani oleh wanita 28 tahun ini dalam mengembangkan bisnisnya. Seperti apa jatuh bangunnya hingga menjadi sukses sekarang ini? Berikut wawancara ekslusif Vemale bersama Faustine Tan disela-sela waktu senggangnya.

Mengapa awalnya Anda tertarik menjalani bisnis di bidang Online?

Karena saya melihat kesempatan di Asia Pasifik, khususnya di dunia traveling. Sekarang ini traveling menjadi gaya hidup masyarakat, apalagi di Indonesia. Dan customer belum mempunyai pilihan booking hotel dengan cepat serta harga yang efisien dan bisa last minuteuntuk booking hotel.

Sejak kapan Anda mulai menjalani bisnis?

Saya kuliah ambil jurusan Mass Communication di London School of Public Relation di Jakarta. Semester satu saya sudah kerja dan lulus tahun 2009. Sebelum HotelQuickly saya sudah menjadi Founder Bali Build Supply, Founder Guest tour & travel, Marketing Director Bali - Vetedy Luxembourg, Recruitment Manager-Unicef (Cobra), Bachelor of Communication 5 Languages.

Berapa modal awal saat Anda menjalani bisnis di usia muda?

Modal utama saya ialah pengetahuan. Dan pertama karena background saya yang mempunyai koneksi luas serta data hotel-hotel yang saya punya.

Suka dan duka apa yang Anda rasakan saat merintis bisnis?

Awalnya malah tim member kita hanya enam orang saja itu tahun 2013, tapi bertambah menjadi 50 orang dan tahun 2015 sudah 90 tim member dalam waktu dua setengah tahun bisa bertambah cepat.

Apa tantangan berat yang harus Anda hadapi dalam menjalani bisnis online ini?

Tantangan yang harus dihadapi ialah mengikuti kemauan customer, maunya apa dan harus bergerak cepat semuanya harus menyesuaikan proses yang terjadi.

Bagaimana prediksi Anda mengenai perkembangan bisnis Online di Indonesia?

Di Indonesia sendiri punya 250 juta penduduk dan kita melihat semuanya sudah memakai handphone. Hotel-hotel di Indonesia sendiri sudah menjamur karena kita tahu tren orang bepergian itu sedang hits. Saya optimis dengan adanya data statistik tersebut untuk berkembangnya bisnis saya.

Apa tips supaya bisa jadi wanita sukses seperti Anda?

Be a leader don't be a boss. Di sini kita harus menunjukkan kerja keras 3x kali lipat dari pada kerja tim atau anak buah, dikerjakan bersama-sama lebih baik dibandingkan kerja sendiri. Dan kerjanya harus ekstra, belajar dan membantu tim member. Karena belajar dan berkembang bukan untuk diri sendiri tapi untuk tim supaya usaha yang dijalani sukses di tangan bersama.

Sukses selalu untuk Faustine Tan! Ladies, yuk kita tiru semangat Faustine supaya kita semua bisa mendapatkan kesuksesan yang kita impikan.

 
(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading