Sukses

Lifestyle

Cerita Seru Inayi Sebagai Makeup Artist, Rela Resign Demi Kejar Passion

Cantik adalah pujian yang ingin didapat para wanita. Secara alami, kecantikan wanita berasal dari hati dan sikapnya. Namun, kecantikan itu akan semakin terpancar jika si wanita memakai makeup dengan tepat. Perlu digaris bawahi, tidak selamanya memakai makeup itu lebay dan menor. Dengan penggunaan tepat, wanita akan semakin cantik tanpa kesan berlebih saat memakai makeup.

Di tangan seorang makeup artist (MuA), wajah para wanita adalah kanvas yang bisa dilukis secantik mungkin. Mereka lebih paham bagaimana bentuk wajah, struktur tulang, kelebihan dan kekurangan wajah. Sehingga di tangan mereka, hasil makeup bisa lebih bagus dibanding memakai makeup sendiri.

Hasil makeup Inayi | Foto: copyright instagram.com/inayii

Salah satu MuA yang merupakan sahabat baik Vemale.com membagi ceritanya seputar profesi sebagai makeup artist. Inayati Nurmansyah atau lebih dikenal sebagai Inayi menceritakan serunya dunia MuA yang sudah 3 tahun digelutinya. Jika Anda mencintai dunia per-makeup-an dan ingin menjadi seorang makeup artist, Inayi membagi banyak tips untuk Anda.

1. Sejak kapan Inayi memulai profesi sebagai Makeup Artist (MuA)?

Awalnya saya iseng mulai menjadi MuA sejak November 2011. Kemudian bidang ini mulai saya serius sejak resign setelah 9 tahun menjadi pegawai kantoran di Lembaga Keuangan Swasta, tepatnya pada November 2013.

2. Apa yang memotivasi Inayi menjadi seorang MuA?

Rasanya senang bisa membuat orang lain senang. Ada rasa terkejut melihat reaksi mereka setelah selesai dimakeup. Pada dasarnya saya senang membuat wanita menjadi lebih cantik dan berbeda.

3. Kesulitan apa yang sering Inayi hadapi saat belajar tentang MuA?

Memahami dan mendalami struktur tulang wajah klien yang saya makeup, seperti countouring dan shading. Selain itu, memilih produk kosmetik, seperti warna, tekstur dan fungsinya membawa tantangan tersendiri.

Inayi sedang beraksi 'melukis' wajah seorang model | Foto: dok. pribadi

4. Pernah tidak dapat klien yang cerewet dan banyak maunya? Bagaimana menghadapi mereka?

Pernah. Misalnya saat membuat alis, ternyata klien ada yang tidak pede bila alisnya dibentuk oleh orang lain. Sebelumnya saya coba meyakinkan kalau sentuhan tangan MuA dapat memberi kesan yang berbeda di akhir makeup. Biasanya saya beri pilihan untuk melihat hasil alis buatan saya. Kebanyakan mereka puas, walaupun ada juga yang tetap membuat alisnya sendiri. Hehehe..

5. Belajar makeup butuh peralatan yang cukup mahal, dulu Inayi 'nyicil' satu-satu atau langsung beli banyak?

Nyicil dong, karena kalau sekaligus bisa bangkrut, hahaha.. Biasanya untuk awal mula, peralatan yang saya beli dari satu brand tertentu hanya produk andalannya terlebih dahulu.

6. Benar tidak opini bahwa MuA yang hasilnya bagus harus punya peralatan makeup dan kosmetik mahal?

Kadang itu benar, ada harga ada kualitas. Tapi apapun peralatan makeup dan kosmetiknya, pada intinya keberhasilan dari makeup adalah apabila me-makeup menggunakan hati disertai rasa seni. Produk-produk mahal dan bermerk sebagai sarana penunjang saja.

7. Menurut Inayi, efektif tidak belajar makeup dari Beauty Guru di Youtube? Atau lebih bagus kalau belajar di ahlinya langsung?

Efektif banget, saya termasuk yang belajar makeup dari Youtube. Di sana bermacam-macam teknik ada, asalkan kita rajin latihan dan menerapkannya. Namun ikut beauty class dengan kapasitas kecil juga tidak ada salahnya. Bisa jadi ajang menambah wawasan sesama pencinta makeup. Khusus untuk makeup tradisional, hukumnya wajib belajar dengan ahlinya.

Hasil makeup Inayi | Foto: dok. pribadi

8. Kalau ada seseorang yang punya passion di makeup dan pingin jadi MuA seperti Inayi, modal apa yang harus mereka miliki?

  • Passion, karena melakukan pekerjaan apapun bila ada passion di dalamnya kita akan merasa enjoy selama bekerja.
  • Jiwa seni, karena merias pada dasarnya hampir sama dengan melukis. Bedanya kita bukan melukis di atas kanvas, melainkan di atas muka.
  • Koneksi, karena biasanya informasi tersebar dari mulut ke mulut. Semakin banyak koneksi kita, semakin banyak juga pasar yang kita dapat.

9. Ada yang bilang gini, "Perempuan kalau pakai makeup, kecantikan alaminya malah nggak kelihatan, menurut Inayi bagaimana?

Kecantikan alami itu datangnya dari hari. Kita/MuA tugasnya hanya mengoreksi dan memberikan tambahan sedikit makeup untuk mengeluarkan kecantikan agar makin terpancar.

10. Menurut Inayi, wanita cantik itu wanita yang seperti apa?

Wanita cantik adalah wanita yang bisa berdandan sesuai dengan karakter, situasi dan kondisi di sekitarnya. Saat harus berdandan simple dia bisa, dan ketika harus terlihat glamour pun dia bisa.

Ternyata jadi seorang makeup artist seru juga. Anda yang punya passion sama seperti Inayi bisa belajar dari pengalamannya. Masih penasaran dengan Inayi dan hasil makeupnya? Anda bisa follow Inayi di:

Twitter: @inayi_ina

Instagram: @inayii

Ikuti terus informasi di media sosial Inayo ya! Karena Inayi sering membuka beauty class seru. Siapa tahu Anda bisa bertemu langsung dengannya dan bisa saling bagi pengalaman tentang makeup. Terima kasih Inayi buat obrolan serunya. 

Be beauty, ladies!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading