Sukses

Lifestyle

Satria Utama, Our Beloved Dating & Relationship Coach Indonesia

Hubungan cinta antara pria dan wanita kadang membahagiakan, kadang membingungkan, kadang membuat pikiran buntu. Di saat pikiran buntu karena masalah cinta, seringkali bantuan konsultasi dari dating coach atau pakar hubungan cinta dibutuhkan. Kehadiran dating coach mungkin masih terdengar asing di Indonesia, namun di kota-kota besar, kehadiran mereka menjadi angin segar bagi pria atau wanita yang sedang memiliki masalah dalam hubungan cinta.

Dari beberapa dating coach yang ada di Indonesia, Vemale.com berkesempatan mewawancarai salah satunya, yaitu Satria Utama. Pria kelahiran Jakarta, 1 Desember 1984 ini sudah menjadi seorang dating coach selama 7 tahun. Sudah banyak pria dan wanita yang datang padanya untuk berkonsultasi mengenai masalah cinta. Jika dibanding dating coach lain, apa sih yang membuat metode Satria Utama lebih oke? Yuk kenalan dengannya.

Kenapa mengambil tema cinta dan apa yang memotivasi Satria menjadi seorang dating coach?

Satria mengaku sudah sering menjadi tempat curhat sejak masih sekolah dulu. Jika anak seumurannya suka membaca Doraemon, Satria yang masih SD memilih buku Sang Nabi karya Kahlil Gibran sebagai buku kesukaannya. Walaupun di usia tersebut dia belum memahami isi buku tersebut, Satria mulai tertarik mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan perasaan manusia dan cinta.

Tumbuh bersama 2 kakak perempuan menjadi berkah tersendiri bagi Satria. Sejak kecil dia mulai terbiasa mengamati dan memahami perempuan, “Dulu nggak jauh-jauh dari majalah Gadis dan New Kids on The Block. Boyband-boyband kesukaan cewek di masa itu aku hapal banget,” ujar Satria sambil tertawa.

Maka tak heran saat sudah memasuki usia puber di masa SMP, Satria sering menjadi 'baskom curhat' dari teman-teman perempuannya yang sering tersakiti karena cinta. Hal tersebut terus berlanjut hingga Satria duduk di bangku kuliah, sampai seorang temannya menyarankan, kenapa tidak membuka konsultasi cinta berbayar? Namun saat itu, ide tersebut tidak terlalu ditanggapi.

Foto: copyright Facebook.com/counselor.satria

Hingga pada akhirnya Satria tiba di masa dialah yang mengalami patah hati hingga 4 tahun lamanya. Rasa ingin 'balas dendam' ke mantan pacar membuat Satria masuk ke sebuah dating community. Dari keinginan awal untuk balas dendam dan menikmati masa bersenang-senang, Satria menyadari ada satu titik di mana dia melakukan sebuah kesalahan besar. Apa yang sudah dia lakukan hanya membuat pria-pria seumurannya memiliki karakter palsu untuk mendapatkan wanita.

Walaupun metode relationship yang awalnya dia pelajari tampak keren, itu hanya permukaannya saja, pada akhirnya ada yang terasa kosong. Hubungan cinta yang serius dan memiliki jangka waktu panjang membutuhkan lebih dari sekedar karakter palsu. Sejak saat itu, Satria pelan-pelan mengubah metodenya mengenai hubungan cinta. Dari yang awalnya hanya hubungan cinta untuk bersenang-senang, Satria menemukan bahwa hubungan cinta antara pria dan wanita lebih dari itu.

Tuhan dan iman adalah penguat hubungan cinta manusia yang seringkali rapuh

Ketika kami menanyakan apa yang membuat metode Satria berbeda dari dating coach lain, dia mengatakan bahwa apapun agama kliennya, Satria selalu memasukkan Tuhan di dalamnya.

Apa yang bisa membuat manusia saling jatuh cinta? Tuhan. Ketika seseorang jatuh cinta atau menikah karena Tuhan dan keimanan, hal itu yang akan menjadi penguat dari hubungan cinta manusia yang seringkali rapuh.

Mayoritas klien adalah perempuan, mulai dari yang masih pacaran sampai sudah bercerai

Dari jumlah pria dan wanita yang pernah berkonsultasi dengan Satria, 70 persen adalah perempuan. Masalah yang mereka konsultasikan bermacam-macam, mulai dari masalah seputar dunia pacaran, konsultasi saat akan menikah, konsultasi kehidupan rumah tangga, konsultasi pertimbangan sebelum bercerai hingga ada juga yang berkonsultasi setelah bercerai.

Foto: copyright satriautama.tumblr.com

Berbagai masalah tersebut kadang membuat Satria dihadapkan pada pilihan yang sulit. Solusi setiap orang yang berkonsultasi tentunya berbeda-beda. Sebagai dating coach, Satria tidak hanya sekedar ngobrol, karena dia akan mendalami dan menelusuri karakter klien, termasuk masa lalu bahkan trauma yang kadang tersimpan di dalam alam bawah sadar. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, klien harus percaya bahwa dia yakin Tuhan juga berperan di sini. Ketika dia yakin Tuhan punya jalan keluar terbaik, it will be.

Tips cinta dari Satria Utama

Sebagai seorang dating coach, Satria mengatakan bahwa cinta dalam konteks sesama manusia pada dasarnya adalah ego. Karena itu dia selalu mengatakan bahwa Tuhan dan keimanan adalah penguat dari cinta itu sendiri. Tujuan dari jatuh cinta akan dibawa ke mana? Hanya bersenang-senang atau lebih dari itu? Tujuan menikah itu apa? Karena setelah menikah justru semua karakter asli pasangan terbongkar, yang bisa membuat seseorang makin cinta atau makin benci padanya.

Foto: copyright Facebook.com/counselor.satria

Karena itu, Satria memberikan beberapa tips bagi Anda:

  • Hindari pacaran lama, karena pacaran lama seringkali merugikan pihak perempuan. Secara blak-blakan Satria mengatakan bahwa pacaran jika sudah lebih dari setahun, maka potensi melakukan hubungan intim sebelum waktunya semakin besar. Dan siapa yang akan rugi? Perempuan. "Cowok nggak ada bekasnya, tapi perempuan pasti ada bekasnya. Maka sebisa mungkin hindari pacaran dalam jangka waktu lama," ujar Satria.
  • Memangnya pacaran sebentar bisa yakin ke pernikahan? Satria mengatakan jika si pria memang sudah serius dengan si wanita, dia akan memperjuangkan Anda, bahwa Anda memang pantas untuk diperjuangkan. Si pria akan datang ke keluarga Anda bahkan tanpa Anda minta, dan bisa meyakinkan orang tua Anda bahwa Anda akan aman dan bahagia bersamanya.
  • Jika Anda saat ini masih jomblo, maka mulailah menulis daftar kriteria pria seperti apa yang Anda inginkan. Kriteria di sini lebih kepada bagaimana karakternya. Lalu masukkan semua itu dalam doa-doa Anda. Jodoh di tangan Tuhan bukan? Terdengar klise banget tapi itulah faktanya. Menurut Satria, jodoh pada dasarnya adalah seseorang yang memiliki frekuensi yang sama dengan Anda. Maka tidak tepat bahwa menemukan jodoh adalah hal yang sulit. Jika Anda tahu apa yang Anda cari, dan yakin akan menemukannya, maka itulah yang akan Anda dapatkan.

Terkadang saat ada masalah, kita lebih gemar mengumbarnya di timeline social media. Tapi malah kurang gemar menceritakannya langsung pada yang Maha Memberi Solusi.

Why?

Di edisi selanjutnya, Vemale.com akan menuliskan berbagai tips dan fakta tentang cinta bersama Satria Utama. Anda juga bisa berkonsultasi dengannya. Cooming soon ;)

 

Satria Utama (@Satria_cs)

Web site: satriautama.tumblr.com

Email: counselorsatria@yahoo.com 

Informasi pendaftaran private coach:

082125998332 (No SMS)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading