Sukses

Lifestyle

Keroncong Putri, Bangga Mainkan Lagu Keroncong

Bangsa Indonesia kaya akan budaya. Banyaknya suku menjadikan beragamnya jenis tarian, lagu dan alat musik yang mewakili daerahnya masing-masing. Salah satu yang mewakili kekayaan budaya Indonesia adalah keroncong. Hingga saat ini masih banyak yang menikmati irama khas daerah tersebut.

Di zaman yang modern ini, banyak anak-anak muda mulai melupakan musik dalam negeri, mereka lebih tertarik mendengarkan musik R&B, jazz atau hip hop. Akan tetapi, ada satu grop musik yang menamai diri mereka Keroncong Putri. Mereka adalah perkumpulan tujuh wanita cantik, muda dan berbakat dalam musik yang menfokuskan diri dengan genre keroncong. Saat tampil, mereka menyanyikan lagu Barat, namun di arransement lagu menjadi keroncong.

"Ide awalnya karena permintaan, kita cobain ternyata enak, anak zaman sekarang kan dengerin keroncong asli pasti bosan, tapi pas mainin lagu dan ternyata enak," ucap Tria saat usai perform pada perayaan HUT Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Jakarta Rabu 8 Oktober 2014 lalu.

Copyright by Vemale.com

Keroncong Putri terdiri dari Tria, Gina, Marsha, Lisa, Prisilia, Gita dan Intan, yang usianya dari 20 sampai 23 tahun. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI di Bandung yang sama-sama mengambil jurusan pendidikan seni musik. Terbentuknya Keroncong Putri tepat di hari Kartini 2014, mereka mengiringi salah satu acara besar di Galeri Indonesia Kaya.

"Seru ya main lagu keroncong. Spesialis kita piano, klasik dan juga jazz, tapi kita balik lagi ke musik Indonesia," jelasnya.

Mereka pun mengaku bahwa memainkan musik keroncong tidak malu, malah sebaliknya bangga dan akan terus melestarikannya serta lebih mengeksplor lagu-lagu yang bisa dimainkan dengan keroncong.

Copyright by Vemale.com

"Lagu-lagunya pun kita ambil juga lagu-lagu anak muda yang sekarang ini lagi hits, jadi biar lebih asik lagi membawakannya," tambah Marsya.

Dalam proses mereka ingin membuat album sendiri, tujuannya adalah agar anak muda di Indonesia tetap mencintai musik dalam negeri, maka dari itu secara pelan-pelan mereka mencoba menyosialisasikannya.

"Ingin mengeluarkan album sih, lagi menyiapkan materi,  lagu-lagunya Indonesia, dan kita juga sedang belajar bikin lagi sendiri, jadi nanti albumnya bikinin sendiri," tutupnya.

Copyright by Vemale.com

Tetap terus berkarya dalam membawakan musik tanah air ya. Semoga sukses terus Keroncong Putri!

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading