Sukses

Lifestyle

Muji, Mahasiswa Indonesia Yang Dapatkan Beasiswa S2 Dari Turki

Ladies, pernahkah terpikir dengan di benak Anda ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan cuma-cuma tanpa mengeluarkan uang untuk biaya sekolah di negeri orang? Memang tidak semua orang dapat melakukannya dan beruntung masuk ke dalam daftar nama mahasiswa atau mahasiswi yang mendapatkan beasiswa tersebut.

Sekarang ini banyak para mahasiswa atau mahasiswi Indonesia yang berlomba-lomba mendapatkan beasiswa dari pemerintahan pusat di setiap negara yang mengadakan program beasiswa.

Foto: copyright by Vemale.com

Selain mencari pendidikan di luar negeri, kebanyakan dari mereka yang memilih untuk belajar di negeri orang alasannya adalah ingin melatih diri agar menjadi mandiri dan terutama mendapatkan pengalaman baru dari apa yang sudah didapatnya. Ini karena ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru dalam kehidupan dan dari situlah ilmu bisa didapat.

Seperti Noor Fahmi Pramuji, atau yang akrab dipanggil Muji, merupakan mahasiswi Universitas Hasanuddin di Makassar yang mengambil jurusan Hubungan International. Wanita yang mendapatkan IPK 3,8  tersebut sangat tidak menyangka bahwa dirinya terpilih oleh pemerintah pusat Turki untuk mendapatkan beasiswa bersekolah di Tursi tahun 2014.

Foto: copyright by Vemale.com

“Tidak menyangka banget ya, tapi saya memang optimis terus kalau saya bisa mendapatkan beasiswa. Caranya adalah dengan tidak pantang menyerah untuk mencari-cari di Internet. Padahal teman-teman banyak yang tidak percaya akan terpilih, tetapi saya tetap terus percaya dan tidak menyerah,” tutur Muji saat ditemui tim Vemale di Mix Diner and Florist Mampang Jakarta Selasa 12 Agustus 2014 lalu.

Setelah menanti beberapa bulan, akhirnya ia pun mendapatkan balasan berupa email yang menyatakan bahwa Muji terpilih untuk mendapatkan beasiswa sebagai mahasiswi Indonesia.

Ia pun mengakui bahwa masih banyak mahasiswa atau mahasiswi lainnya di Indonesia yang berprestasi dan melebihi IPK-nya, namun keberuntungan berpihak kepada Muji, sehingga ia pun mendapatkan kesempatan menimba ilmu di negeri orang.

“Sebagai wanita, pasti takut ya pergi jauh dari orang tua, sempat saya galau memikirkan bagaimana nanti di sana, kan jauh ya Turki itu. Jauh juga sama orang tua, tapi saya tetap meminta persetujuan dari orang tua dan mereka sangat mendukung atas keputusan saya untuk pergi ke Turki tepatnya di Bursa City. Kota ke empat terbesar di Turki dan kota kedua kota destinasi setelah Istanbul,” jelasnya.

Foto: copyright by Vemale.com

Baginya, dengan mengambil S2 di Turki, sangat tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan Muji. Anak ketiga dari empat bersaudara ini pun sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk tinggal di Turki. Saat ini ia sedang ada di Jakarta karena sedang mengurus visa dan lain-lain. Muji akan tinggal beberapa hari di Jakarta untuk menyelesaikan semua keperluannya.

“Kalau ingin mendapatkan sesuatu haruslah fokus dan jangan menyerah, terutama harus trust, percaya, bahwa apa yang kita lakukan akan baik hasilnya dan harus aktif browsing mencari informasi-informasi tentang beasiswa,” tutup Muji dengan memberikan tips kepada Vemale yang ingin mendapatkan beasiswa seperti dirinya.

Nah Ladies, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga punya keinginan  melanjutkan pendidikan S1 atau S2 di luar negeri dengan gratis? Silahkan dicoba tips dari Muji.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading