Sukses

Lifestyle

Meccanism, Merintis Bisnis Online Hingga Membuka Butik Keluarga

Pekerjaan yang pas sebagai seorang ibu rumah tangga mungkin dengan menjalani usaha, baik online maupun toko fisik. Dengan mempunyai usaha sampingan sendiri, ibu rumah tangga memiliki waktu yang begitu fleksibel. Hal ini menjadikannya dapat mengurus serta mengawasi anak-anak sehingga banyak wanita sekarang yang menjalani usaha di bidang apa pun secara mandiri.

Tasya Nur Medina salah satunya, ia merupakan istri dari selebriti Ferry Ardiansyah dan kakak pertama Zaskia Mecca. Sebagai seorang wanita, Tasya pun ingin mempunyai penghasilan lebih. Oleh karena itu, ia memilih untuk menjual pakaian bersama salah satu blogger fashion di online yang memakai nama adiknya yaitu Zaskia Mecca.

Foto: copyright by Vemale.com
Tahun 2012, Tasya menjalani bisnis online selama kurang lebih setahun, hingga akhirnya ia mempunyai rencana untuk membuka butik bersama Zaskia. Dengan mempunyai semangat yang tinggi untuk mengembang usaha miliknya, akhirnya setelah berembuk, dibuka lah butik keluarga.

“Aku sebenarnya yang maksa punya butik, kalau Zaskia bilang online aja. Aku bilang,  customer lebih percaya datang sendiri dan nyoba sendiri. Agak debat awalnya, akhirnya  di tahun 2012, kami beli ruko ini dan di renovasi,” cerita Tasya kepada tim Vemale di butik miliknya di Kemang Jakarta Senin 21 Juli 2014 lalu.

Setelah berhasil membeli ruko dan merenovasinya, pemberian nama butik pun dipikirkan secara matang. Menurut istri Hanung Bramantyo, ia tak ingin memakai nama Zaskia Mecca saja, tetapi harus mencari nama yang baru sehingga namanya bukan lagi Zaskia Mecca. Setelah dipikir akhirnya menjadi Meccanism by Zaskia Mecca Hijab Fascination.

Foto: copyright by Vemale.com
“Dulu namanya Zaskia Mecca, tapi Zaskia gak mau karena terlalu Zaskia. Kita akhirnya memikirkan mencari nama lain tapi masih ada Zaskia Mecca-nya. Akhirnya nama belakang Mecca yang diambil,” cerita Tasya.

“Mecca yang diambil dari nama belakang Zaskia digabung dengan nism, dan nism itu sendiri merupakan komunitas. Jadi kita buat meccanizem jadi komunitasnya Zaskia. Selain itu, Mecca juga berarti Mekah yang memberikan nuansa Islami,” jelasnya.

Bisnis keluarga ini akhirnya berjalan, di mana Zaskia Mecca sebagai Direktur Utama yang tugasnya mengurusi desain dan konsep. Sedangkan Tasya sebagai Direktur Operasional yang mengurusi keluar masuknya barang. Serta Haikal, adik dari Tasya dan Zaskia, sebagai Direktur Keuangan.

Foto: copyright by Vemale.com

Bukan hanya itu, anggota keluarga yang lain seperti Papa Tasya dan Zaskia berperan sebagai Komisaris selaku Penasihat. Jadi, apabila ada yang tidak sependapat, tugas Papanya sebagai penengah.

Membuka usaha bersama keluarga itu seru. Menjalani proses demi proses dan dilewati bersama. Selain mendapatkan penghasilan kebersamaan, kekompakan juga semakin erat terjalin.

Apalagi penghasilan yang diterima cukup banyak, dan permintaan barang terus meningkat sehingga untuk melebarkan sayap dan tak mau menghilangkan kesempatan,  akhirnya diputuskan untuk membuka cabang tepat di bulan Ramadan ini.

“Aku belum pernah mengalami hal seperti ini. tahun lalu belum seperti ini. Sekarang sehari bisa produksi 1000 barang. Karena itu lah, kita sekarang sudah buka 4 cabang,” ungkap Tasya.

Dengan prinsip mengutamakan kualitas dengan harga yang ekonomis, Meccanism by Zaskia Mecca kini laku keras.

“Zaskia punya prinsip dari dulu, buka butik ini untuk anak SMP atau SMA. Jadi barang-barang di sini jauh dibawah harga designer lainnya,” jelas Tasya.

Item yang tersedia di butik ini pun beraneka ragam, dari jilbab, ciput ninja, cepol, baju outer sekaligus iner, dress, celana, rok dan bolero. Harganya pun murah-murah dengan kisaran harga di bawah Rp 500.000,00.

Nah Ladies, jika penasaran ingin mencoba dan melihat langsung produk Zaskia Mecca yang asli, langsung saja datang ke jalan Benda Raya nomor 54J, Kemang Jakarta Selatan atau bisa buka langsung websitenya di www.meccanism.co

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading