Sukses

Lifestyle

Endah Laras, Sosok Kartini Masa Kini Yang Tetap Teguh Dengan Budaya Jawa

Ladies, seberapa bangga Anda dengan Indonesia? Begitu beragamnya tradisi dan budaya di Indonesia, sudahkah Anda memahami dan melestarikannya? Sudah sepatutnya kekayaan bumi pertiwi bisa menjadi aset yang sangat berharga untuk diperkenalkan ke luar negeri. Salah satu sosok Kartini masa kini, Endah Laras, berhasil menembus pasar mancanegara berbekal dengan kesenian tradisional Jawa.

Dilansir dari endahlaras.com, wanita ini lahir di tengah keluarga yang sangat kental dengan tradisi dan seni Jawa. Lahir di Solo pada 3 Agustus 1976, sejak kecil Endah, sapaan akrab Endah Laras sudah mengenal dunia seni karena ayahnya sendiri adalah seorang dalang wayang kulit di Surakarta bernama Sri Joko Raharjo. Sedangkan ibunda Endah adalah seorang guru tari. Endah tentu saja akhirnya mewarisi talenta seni dari keluarganya ini. Berangkat kecintaan keluarganya terhadap dunia seni, Endah menggeluti seni menari dan menyanyi dengan sangat intens sejak kecil.Foto : copyright solografi.comSetelah menyelesaikan kuliahnya di Jakarta, Endah memutuskan untuk kembali ke Solo tanpa merencanakan apapun setelah kembali ke kota kelahirannya. Di wawancarai saat menjadi bintang tamu di acara Kick Andy bulan Maret lalu, Endah menuturkan bahwa karirnya dimulai dari ketakjuban seorang supir truk yang mengantarkan barang-barangnya. Meskipun Endah mengatakan bahwa dirinya bukan penyanyi, sang supir truk yang membawanya pulang ke Solo ini bersikeras untuk mengundangnya bernyanyi di acara hajatannya. Dari sinilah nama Endah Laras mulai dikenal sebagai penyanyi keroncong. Penampilan Endah dengan konde dan kebaya menjadi ciri khas yang tidak bisa lepas dari sosok Endah. Semakin matang di dunia seni, Endah mendapat banyak tawaran untuk melakukan pentas bekerja sama dengan berbagai musisi terkenal tanah air seperti Garin Nugroho yang pernah mengajaknya berkeliling Eropa untuk pentas opera Tusuk Konde.

Ukulele yang menemani di setiap penampilannya memiliki cerita menarik dalam perjalanan karirnya. Berkat tuntutan pentas, Endah mendapatkan tantangan untuk belajar ukulele selama 1 minggu. Di bawah bimbingan Mas Sapto dan Mas Dani seniman asal Solo, dalam waktu sekejap Endah sudah mampu menguasai ukulele. Endah juga pernah berkolaborasi dengan dalang dan musisi tanah air lainnya untuk mementaskan kesenian tradisional Indonesia maupun bermain teater di berbagai negara. Selain itu Endah Laras sendiri juga sudah memiliki 4 album lho Ladies.

Inilah Endah Laras, sosok Kartini masa kini yang mengabdi untuk tradisi dan budayanya hingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Semoga Endah bisa memberikan inspirasi Anda untuk berkarya Ladies, bahwa kesuksesan dimulai dari satu langkah kecil untuk mengawalinya dan dilanjutkan dengan kerja keras untuk mencapainya. Simak galeri fotonya Endah Laras juga ya Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading