Sukses

Lifestyle

5 Petinju Wanita Keren di Dunia, Hati-Hati Kena Pukulannya

Meskipun pertandingan tinju umumnya dilakukan pria dan ditonton oleh pria juga, ada lho petinju profesional wanita yang sempat harum namanya.

Pada tahun 1876, wanita memang dilarang bertinju oleh sebagian besar organisasi olahraga sampai akhir tahun 1980-an. Dan pada tahun 1988, Swedia mencabut larangan wanita menjadi petinju amatir di negaranya. Negara-negara lain seperti Amerika kemudian mengikuti langkah tersebut, dan puncaknya debut tinju wanita berhasil mewarnai Olimpiade 2012.

Inilah lima tokoh petinju wanita dunia yang punya kehebatan tak kalah dengan petinju pria.

(vem/bee)

Mia St John

Mia St John memulai karir tinju profesional pada tahun 1997. Menang dengan KO 54 detik di babak pertama. Ia adalah petinju yang bisa menggabungkan kecakapan tempur dan ketajaman info media. Ia mampu mengumpulkan segala jenis info untuk membantunya meraih kemenangan.

Mia sempat kehilangan gelarnya saat dikalahkan Christy Martin tahun 2002. Namun kemudian ia membalas kekalahannya dan mencatat rekor 47-11-2 dan termasuk 18 KO.

Ann Wolfe

Ann Wolfe mengawali karir di dunia olahraga melalui cabang olahraga basket. Ia sempat mengikuti kompetisi di NCAA pada tahun 1955.

Penasaran dengan olahraga tinju, Ann kemudian secara profesional mengawali karir di cabang tinju pada 1998. Tahun 2004 ia mulai bertanding di kelas bulu dan menaklukkan lawannya hanya dalam 68 detik. Lawannya, Vonda Ward sempat mengalami tidak sadarkan diri dan harus dirawat selama beberapa hari di rumah sakit.

Ann kemudian pensiun dengan catatan rekor 24-1 dan hanya pernah sekali kalah oleh lawannya yang membalas kekalahan.

Christy Martin

Dikenal dengan julukan 'the coal miner's daughter', Christy adalah sosok petinju yang beken asal Irlandia sejak 1996. Ia sempat memenangkan beberapa penghargaan dan akhirnya ditaklukkan oleh Mia St John dengan kekalahan di ronde ke sepuluh.

Christy pensiun dengan mencetak rekor 49-7-3 termasuk 31 KO.

Regina Halmich

Salah satu pionir petinju wanita adalah Regina Halmich. Ia memulai karirnya di cabang tinju profesional pada 1994 silam dan pensiun pada tahun 2007.

Petinju asal Jerman ini tergabung dalam Women's International Boxing Federation dan termasuk dalam jajaran petinju wanita terkaya. Namanya sangat populer di Eropa dan kerap menyita perhatian para penonton untuk melihat laganya.

Lucia Rijker

Tahun 2009, Lucia Rijker menjadi wanita petinju pertama yang masuk pada World Boxing Hall of Fame. Lucia menjadi petinju profesional pada tahun 1996 dan pensiun dengan catatan tak terkalahkan tahun 2004.

Rekornya adalah 17-0 termasuk 14 KO. Ia juga menguasai kick boxing, Muay Thai dan sempat berlaga di dua cabang olahraga tersebut. Tidak heran kan kalau ia dijuluki 'The Most Dangerous Woman in The World'.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading