Sukses

Lifestyle

10 Wanita Indonesia Yang Inspiratif

Dan siapa bilang Indonesia tak punya wanita-wanita hebat seperti negara lain? Justru banyak wanita hebat di Indonesia yang memberikan inspirasi bagi banyak wanita lain di dunia.

Datang dari berbagai bidang, wanita Indonesia enggan hanya menyibukkan diri di dapur. Sebagai makhluk yang paling pandai dalam hal multitasking, wanita Indonesia bisa mengasuh anak, mengurus rumah tangga, memberikan perhatian suami, dan tetap berkarya.

Inilah 10 wanita Indonesia yang inspiratif dan layak diteladani versi Forbes.com.

Antarina S.F Amir

Ibu dari empat orang anak ini usianya menginjak 50 tahun. Menjabat sebagai Chief Executive dari Highscope Indonesia.

Antarina, demikian namanya akrab dipanggil adalah cucu dari tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara, sosok yang membuat banyak orang termasuk Anda bisa bersekolah hingga saat ini. Ia mengambil jalur yang sama seperti kakeknya di bidang pendidikan dengan mendirikan yayasan Highscope Indonesia di tahun 1996.

Antarina menawarkan jalur dan pendekatan yang berbeda dalam hal pendidikan, serta mengajarkan untuk memberikan perhatian yang lebih dalam proses perkembangan dan belajar anak.

Risa Suseanty

Meraih medali emas di bidang olahraga bukanlah hal baru bagi Indonesia. Namun, wanita berusia 32 tahun ini menantang dirinya untuk beraksi lewat kejuaraan sepeda gunung dan berhasil membawa pulang medali emas di perhelatan SEA Gams 1997 di Jakarta. Ia bahkan dijuluki sebagai 'queen of downhill'.

Shinta Dhanuwardoyo

Siapa sangka kalau ibu dari dua anak inilah yang menjadi internet pioner dari Bubu Kreasi perdana. Berdiri sejak 16 tahun lalu, perusahaan ini telah menjadi klien perusahaan-perusahaan besar seperti Telkom, Unilever dan Mead Johnson.

Naning Adiningsih

Di usia 64 tahun, Naning menduduki posisi Chairwoman di Green Building Council of Indonesia. Sudah tiga dekade ini ia piawai bertarung di bidang arsitektur. GBCI bahkan telah mendapatkan sertifikasi atas 77 bangunan yang dibuatnya.

Yenny Wahid

Menjadi Chairwoman dari PKBIB, putri kedua dari almarhum Abdurrahman Wahid ini memutuskan ikut terjun ke dunia politik. Ketika ayahnya wafat, ia mendirikan PKBIB dan aktif di dunia politik dengan suaranya yang cukup vokal.

Dewi Fortuna Anwar

Usianya baru 55 tahun, dikaruniai 2 anak dan menjabat sebagai Chairwoman di Institute For Democracy and Human Rights, Habibie Center. Dewi tak hanya dikenal sebagai peneliti, namun juga juru bicara serta penulis yang baik. Bahkan Habibie sendiri yang menunjuknya untuk menjadi penasehat senior 1998 lalu.

Anggun C Sasmi

Tinggal di Prancis tak membuat Anggun lupa akan tanah air. Wanita berkulit eksotis yang usianya baru 39 tahun ini benar-benar mengharumkan nama bangsa dengan go internasionalnya. Ia bahkan tetap mengaku sebagai warga negara Indonesia dan mencintai Indonesia dengan terlibat di berbagai kegiatan tanah air.

Tri Mumpuni

Seorang wanita yang telah dikaruniai 2 anak manis ini menjabat sebagai Executive Director, People Centered Economic and Business Institute. Tri menyediakan jasa listrik untuk 60 area tak terjangkau di Indonesia. Ia membangun hydropower untuk 500 ribu penduduk Indonesia dan telah mengantongi Ramon Magsaysay Award serta Ashden Award atas jasanya ini.

Anne Avantie

Di bidang fashion, nama Anne Avantie ini tak asing lagi dikenal. Ibu dari tiga anak ini gemar mendesain dan memodifikasi kebaya Jawa menjadi busana modern yang mengagumkan. Hasil desainnya telah dipakai pasa sosialita dan selebriti, serta Miss Universe dan Miss Indonesia.

Ia juga mendirikan pelatihan untuk menjahit untuk memperluas koneksi di pasar serta mengabdikan diri pada bangsa. Selain itu, Anne juga membangun Wisma Kasih Bunda sebagai shelter untuk anak-anak penderita hydrocephalus serta kebutuhan khusus lainnya.

Wendy Yap

Chief Executive Nippon Indosari Corpindo ini adalah anak dari pemilik Salim Group, Piet Yap. Ia adalah tokoh yang mendirikan perusahaan tepung terbesar Bogasari. Nippon Indosari sendiri kini adalah penghasil roti terbesar yang menguasai hampir 90% pasar di Indonesia dengan brandnya Sari Roti.

Sudah ada 10 wanita Indonesia yang inspiratif, yuk menjadi yang ke-11, ke-12 dan seterusnya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading