Irna Mutiara, Anak Penjahit Yang Sukses Jadi Desainer Busana Muslim

Kamis, 17 Januari 2013 13:00


Irna Mutiara (c) indonesiafashionweek.com

Vemale.com - Saat melihat perkembangan fashion busana muslim di Indonesia, salah satu nama desainer yang menorehkan karyanya adalah Irna Mutiara. Wanita cantik ini memiliki puluhan butik yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Selain sebagai pengusaha busana muslim, Irna juga dikenal terampil saat merancang berbagai busana muslim, terutama busana pengantin untuk wanita yang memakai hijab.

Kesuksesan Irna Mutiara tidak datang begitu saja. Bisa dikatakan, kemampuan Irna dalam hal merancang busana dan menjahit dimulai karena orang tuanya berprofesi sebagai penjahit. Wanita ini memulai usahanya dengan berbekal satu mesin jahit. Pasang surut usahanya sempat membuat Irna bangkrut, tetapi dia kembali bangkit dan berhasil mendirikan puluhan outlet butik.

Dengan kesuksesan yang besar itu, tim Vemale melakukan wawancara singkat dengan Irna Mutiara. Wanita ini telah tampil sebagai cover majalah Firuze yang merupakan majalah dari negara Turkey, sebuah bukti bahwa karya-karya Irna Mutiara telah dikenal hingga manca negara.

(c) irnalaperle

Berbagai busana muslim karya Irna Mutiara (c) irnalaperle.com

Vemale (V): Apa karakteristik desain mbak Irna?

Irna (I): Classic dan elegan. Walaupun fashion selalu berubah, tapi saya pasti mengeluarkan warna klasik seperti abu-abu, atau merah. Karena warna-warna itu sepertinya enggak bisa dilepas dan enggak bisa ditinggalin. (Irna tertawa ramah di akhir jawabannya)

V: Ada tips praktis dalam berhijab?

I: Menurut saya, rok panjang A-Line, atasan, serta beri aksen belt itu udah cukup keren. Dua pieces cukup, atau satu pieces saja, misalnya gamis atau terusan velvet warna hitam sudah oke untuk pergi ke pesta. Tidak perlu berpikir kalau hijab itu harus berlapis-lapis. Cukup satu statement piece saja.

V: Plan apa yang mbak persiapkan untuk 2013?

I: Plan saya adalah saya mau Up2date punya concept store sendiri di luar negeri.

Up2date adalah label fashion Irna Mutiara untuk busana muslimah kasual  sehari-hari.

V: Apa makna hijab untuk mba Irna?

I: Hijab itu penutup. Ketika seseorang sudah berniat untuk berhijab berarti dia sudah berniat untuk berubah dari terbuka menjadi tertutup. Bagaimana cara mereka menutup, masing-masing punya gaya personal, asal tetap pada kaidah; tidak transparan, tidak membentuk tubuh, tidak berlebihan. Dan harus bertahan dengan kaidah-Nya.

Itulah wawancara singkat kami bersama Irna Mutiara. Semoga semakin banyak lagi karya dalam fashion busana muslim, sehingga nama Indonesia semakin dikenal sebagai kiblat fashion muslimah. (vem/diy/yel)

Kutipan Inspirasi Hijab Dari Irna Mutiara

 
 

Berhijab itu merupakan suatu keputusan besar dalam hidup, karena kita ada di lingkungan majemuk. Namun ketika kita memutuskan menjalani kehidupan yang lebih baik, maka penampilan kita akan mendukung hal tersebut. - Irna Mutiara 

 







ARTIKEL TERKAIT - PEOPLE WE LOVE
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...