Sukses

Lifestyle

Inspirasi Hijab Selebriti, Dari Desainer Hingga Pemula

Menggunakan hijab bagi wanita muslim pada dasarnya adalah suatu kewajiban. Sangat membahagiakan karena di masa kini, sudah semakin banyak orang yang menggunakan jilbab. Apalagi sebagai negara yang cukup mayoritas penduduk Islamnya, fashion hijab kini sudah mulai berkembang. Banyak desainer hijab dan model busana hijab yang santun dan anggun, memotivasi banyak wanita untuk meninggalkan paradigma jilbab itu nampak 'tidak gaul' dan ribet.

Beberapa public figure membagi inspirasi mereka dalam berhijab maupun tips-tips untuk menggunakan hijab. Vemale akan mengulas kilas baliknya untuk Anda. Semoga dengan membaca kilas balik ini, bisa membantu Anda lebih yakin dan percaya diri dalam berhijab.

(vem/gil)

Itang Yunaz:

Itang Yunaz merupakan salah satu desainer busana kenamaan yang sudah malang melintang bertahun-tahun dan sedang fokus untuk membuat produk busana muslim. Ia berbagi mengenai tips menggunakan busana muslim yang benar.

Itang Yunaz cukup peduli dengan gaya busana muslim wanita, ia pun memberikan tips-tips berbusana muslim yang baik dan nyaman, "Tips dari saya mengenai berpakaian yang baik adalah harus mencerminkan kita sendiri ini prioritas pertama. Setelah itu kita berada di ekonomi yang mana, membeli busana harus tahu persis digunakan untuk bisa dimixmatch, bahan juga cari yang nyaman serta warna yang bisa dipakai sepanjang tahun, warna-arna aman seperti hitam, biru tua, coklat abu, dengan campuran warna-warna seperti warna pastel untuk yang muda, warna lebih tua untuk yang lebih berumur."

Selain itu Itang juga menambahkan mengenai penggunaan bahan-bahan dalam busana muslim, "Harus dibedakan dalam sehari hari dengan malam hari, hindari pemakaian payet di siang hari, hindari bahan brokat yang jarang bunganya untuk dipakai sebagai busana malam. Bahkan hindari kebaya yang terlalu membentuk badan untuk muslimah. Hindari pemakaian warna yang banyak dalam satu baju, agar badan tidak terlihat terpotong-potong."

Saat ini banyak yang mempertanyakan mengenai hijab dan tren. Banyak yang berpikir bahwa wanita berhijab sekarang hanya untuk gaya-gayaan. Apa pendapat Itang Yunaz?

"Saya tidak yakin bikin jilbab itu trend, saya lihat kegunaannya dulu, semakin simpel semakin baik saya rasa."

Okky Asokawati dan Proses Berhijab

Sebagai wanita yang sering menjadi model, Okky Asokawati memiliki tips-tips pintar untuk berpakaian tertutup. Ia menyadari bahwa tidak mudah untuk seketika itu juga menjadi muslimah yang taat, maka ia mengatakan bahwa ia menghargai proses. Menurut Okky menuju tampilan yang lebih bersyariat itu memang memerlukan proses tergantung sampai di tahap mana, hijabers pemula dengan hijabers dengan pengalaman puluhan tahun itu berbeda.

"Buat saya tidak apa-apa, karena itu proses, Allah juga cinta proses. Allah bukan tidak bisa menciptakan manusia misalnya langsung berumur 17 tahun, manusia terlahirpun dengan proses,” ucap Okky.

Wanita cantik ini pun tidak hanya membeli pakaian yang serba panjang sekaligus. "Saya masih membeli baju-baju koleksi Biyan atau Sebastian Gunawan, baju-baju itu memang bukan busana Muslim, tapi saya mix n match sedemikian rupa, hingga bisa sesuai dengan keyakinan saya mengenai busana berkerudung ini," jelas Okky.

Nuri Maulida, Bertahan Dengan Keyakinan Berhijab

Sebagai salah satu artis populer beberapa tahun terakhir, Nuri Maulida yang baru-baru ini menggunakan hijab juga berbagi inspirasi menggunakan hijabnya. Menjadi hijab pemula tidak menampik bahwa ada beberapa hal yang menjadi godaan baginya.

"Dulu berpikir, aduh kalo aku berhijab gimana rezeki aku? Nyarinya dari sini, nih. Apa akan hilang atau apa? Ragu, tapi sekarang akhirnya datang sendiri ya hidayah itu. Jodoh, rezeki, maut, semua Allah yang ngatur, aku serahin semua sama Allah," katanya.

Nuri juga menularkan kabiasaan baik berhijab ini pada fans-fansnya bahkan pada teman-temannya. "Saat ini aku mencoba untuk menularkan hijab ini ke teman Nuri Mania salah satu fansku. Dia pake hari ini, besok dia lepas. Akhirnya aku mengajak kamu ngapain dipake-dilepas. Akhirnya dia pake seperti yang aku pake sampai sekarang," pungkasnya.

 

Dian Pelangi dan Harapan Baru Fashion Hijab

Nama Dian Pelangi merupakan salah satu harapan baru bagi dunia fashion muslim di Indonesia. Sebagai salah satu desainer idola hijabers masa kini, wanita muda ini memiliki visi yang baik untuk dunia fashion muslim Indonesia. 

Menurut Dian mensyiarkan Islam tidak harus dengan cara ceramah, tapi dengan cara yang lebih mengena ke anak muda, misalnya talkshow atau tutorial. Keinginan besarnya adalah para hijabers bisa lebih berkreasi, jangan menjadikan kerudung itu sebagai pembatas. Oleh karena itu, syiar ini terus ia lakukan, targetnya mengajak para muslimah yang masih ragu menggunakan jilbab.

Selain desainnya yang dinamis, Dian Pelangi juga terkenal lewat tutorial jilbab yang praktis, anggun namun tetap syar'i. 

Eksanti: Jilbab Nggak Bikin RIbet

Mungkin Anda sering melihat eksanti di layar kaca sepanjang tahun 90an hingga 2008. Semenjak ia memutuskan menggunakan jilbab, Eksanti memang jarang tampil di televisi. Wanita ini memang lebih selektif dalam memilih pekerjaan karena ia tidak ingin niatan berhijab terhalang oleh pekerjaan. 

Sebaliknya, ia yakin bahwa jilbab dapat melindungi wanita. “Kalau niatnya kuat, insya Allah semuanya dimudahkan oleh Allah. Tergantung bagaimana niatnya, karena kita tahu bahwa berhijab itu merupakan perintah yang sudah tertulis. Dan ini baik bagi kaum perempuan, karena melindungi diri kita juga sebagai wanita,” ucap Eksanti yang mengaku niatnya berhijab semakin kuat saat ia menjalankan ibadah Haji bersama keluarga.

Untuk menggunakan busana muslim pun, Eksanti punya tips berhijab yang bisa diterapkan agar tidak ribet. Eksanti mengaku bahwa dia lebih menyukai gaya yang kasual juga simpel. Untuk busana muslim, ia menyukai bahan-bahan kaos dan katun. Eksanti ia juga masih bisa menggunakan celana jeans yang dipadukan dengan tunik panjang. Untuk penampilan saat pesta, tidak selalu harus menggunakan gaun malam yang terbuka. Hanya saja penampilan Eksanti dibuat lebih berbeda dari biasanya. Anda bisa mencoba gamis panjang khusus untuk pesta.

Ivan Gunawan: Sebaiknya Berhijab Dilengkapi Dengan Pengetahuan

Ivan Gunawan merupakan salah satu desainer muda yang juga peduli dengan fashion muslim. Ia memberikan beberapa tips berbusana muslim pada para wanita muslimah.  Menurutnya wanita yang menggunakan busana muslim hendaknya juga telah mengetahui dan memahami informasi serta pengetahuan bagaimana berbusana muslim yang baik dan benar. 

"Seharusnya, perempuan berkerudung itu sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup saat mereka memutuskan untuk berbusana islami, baik pengetahuan secara aturan agama maupun 'fashion' jadi tidak akan seperti sekarang ini," kata Ivan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading