Sukses

Lifestyle

Amanda Todd, Gadis Malang Korban Kejahatan Dunia Maya

Dunia maya memang sangat menyenangkan. Apalagi saat ini mendapatkan fasilitas internet tidaklah sulit. Namun suatu kemudahan bisa menjadi bumerang bagi Anda bila tidak hati-hati menggunakannya. Salah satunya adalah Amanda Todd. Gadis 15 tahun ini menjadi depresi dan akhirnya meninggal dengan sebab yang masih belum bisa dipastikan pada 10 Oktober 2012 lalu karena mengalami kekerasan lewat dunia maya.

Latar belakang kematian Amanda Todd diyakini karena depresi dan kecemasan berat yang dialaminya karena cyber bullying atau kekerasan lewat dunia maya. Hal ini bermula ketika Amanda masih berada di tingkat tujuh pendidikannya, ia mulai mengenal banyak orang via internet, di mana ia menerima banyak pujian atas penampilannya. Seorang yang tidak dikenalnya kemudian meyakinkan Todd untuk menunjukkan payudaranya ke kamera. Namun kemudian orang asing tersebut mulai menerornya dengan mengirimkan email gelap bahwa dia akan menunjukkan foto telanjang Amanda pada teman-temannya hingga Amanda memperlihatkan fisiknya pada orang tersebut.

Todd mengatakan bahwa polisi menginformasikan padanya bahwa saat Natal, foto itu sudah tersebar di internet. Hal ini membuatnya mengalami kegelisahan, depresi serius dan panik. Meski ia dan keluarganya kemudian memilih untuk pindah rumah, namun Amanda mulai mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol. Kecemasan yang dideritanya semakin parah dan ia bahkan tidak bisa meninggalkan rumah.

Todd mengalami banyak gangguan semenjak saat itu. Ia juga beberapa kali pindah sekolah dan diganggu secara nyata oleh teman-temannya. Ia pernah mencoba bunuh diri namun bisa diselamatkan. Keluarganya pun sudah mengusahakan agar mereka bisa pindah rumah, namun Todd tidak bisa berhenti terhantui oleh masa lalunya sekalipun lingkungannya sudah berganti.

Tanggal 7 Sepetember lalu, ia sempat mengunggah video di youtube berdurasi 9 menit berjudul My Story, Struggling, Bullying, Suicide and Self Harm.Di video itu ia bercerita melalui tampilan-tampilan kartu dengan tulisan tangannya dan menceritakan kisahnya lewat kartu tersebut. Video itu kemudian tersebar dengan cepat pada 13 Oktober 2012 dengan jumlah viewers mencapai 1.600.000. Namun pada tanggal 10 Oktober 2012 pukul 18.00 waktu Kanada, Todd sudah ditemukan tewas di rumahnya.

Kisah Amanda Todd merupakan suatu kisah yang tragis. Di mana anak seusianya yang seharusnya sedang menikmati masa-masa perkembangan harus mengalami depresi yang berat. Tanpa harus menghakimi apa-apa, kisah Amanda Todd memberikan kita pelajaran untuk lebih bisa menggunakan internet dengan bijaksana. Serta pentingnya bimbingan orang tua yang tidak hanya melarang namun juga memberikan arahan mengenai internet dan kemungkinan-kemungkinan yang ada di dalamnya seperti informasi seks dan pergaulan.

Jagalah orang-orang yang Anda sayangi sebelum terlambat. Berikan pendampingan dan penguatan apabila kejadiannya sudah terlanjur berlangsung. Karena pendampingan dan penguatan dari orang terdekat akan sangat besar manfaatnya bagi mereka yang mengalami trauma psikis. Semoga informasi ini bermanfaat, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading