Sukses

Lifestyle

7 Film Karya Si Humoris Jenius Nora Ephron

Dikenal sebagai sosok yang jenius dan humoris, Nora Ephron banyak menelurkan karya-karyanya dalam bentuk buku yang kemudian difilmkan. Semasa hidupnya, Ephron telah menelurkan lima belas film yang empat belas diantaranya adalah hasil karyanya. Keempat belas film tersebut, rata-rata didominasi dengan film bergenre roman-komedi. Tak hanya berhenti sampai lima belas film, tujuh karya Ephron diantaranya juga mendapatkan penghargaan atas film-filmnya yang fenomenal. Ketujuh film yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah:

1. Silkwood (1983)

Film pertama Ephron adalah Silkwood yang diluncurkan pada tahun 1983. Film yang diperankan oleh Meryl Streep dan Kurt Russel ini bergenre roman drama yang diadaptasi dari kejadian nyata yang menimpa Karen Silkwood, karyawan pabrik bahan bakar Kerr-McGee. Dalam kejadian itu, Silkwood dicurigai mengalami kecelakaan yang direncanakan. Film tersebut banyak mendapatkan bermacam penghargaan, di antaranya adalah Academy Award, BAFTA Award, Golden Globe Award, Kansas City Film Critics Circle Award for Best Actrees, dan Writers Guild of America Award for Best Original Screenplay.

2. Heartbun (1986)

Film yang diproduksi pada tahun 1986 ini diinspirasi dari kehidupan nyata yang dialami oleh Ephron dengan suami keduanya. Dalam film tersebut diceritakan suaminya, Carl Bernstein, berselingkuh dengan Margaret Jay. Film itu disebut-sebut sebagai film semi-otobiografi Ephron. Dalam film tersebut, Meryl Streep berhasil mendapatkan Best Actress dalam Valladolid International Film Festival.

3. When Harry Met Sally... (1989)

Pada tahun 1989, Ephron mengeluarkan film ketiganya yang berjudul When Harry Met Sally. Dalam film tersebut, Billy Crystal berperan sebagai Harry Burns dan Meg Ryan berperan sebagai Sally Albright. Film yang mengisahkan tentang cinta lokasi yang terjadi antara Harry dan Sally ini banyak mendapatkan penghargaan dunia berkat kemasan film yang dibuat menarik dalam genre roman komedi. Ephron pun menjadi nominasi Oscar dan Writers Guild of America Award.

4. Sleepless in Seattle (1994)

Film ketujuh yang berhasil dibuat Ephron adalah film berjudul Sleepless in Seatle. Masih seperti film-film sebelumnya, Ephron menyuguhkan film berdrama komedi. Film ini banyak mendapatkan penghargaan dunia seperti BAFTA Awards, Academy Awards, Writers Guild of America.

5. You've Got Mail (1998)

Di tahun yang sama dengan The Hairy Bird, Ephron mengeluarkan sebuah film drama komedi yang dibintangi oleh Tom Hanks dan meg Ryan. Film ini menceritakan tentang dua orang yang jatuh cinta karena terlalu sering saling berkirim email. Film drama komedi tersebut mendapatkan penghargaan Satellite Awards.

6. Bewitched (2005)

Pada tahun 2006 film keempat belas Ephron menjadi nominasi Razzie Awards. Film Bewitched ini merupakan film komedi fantasi yang diperankan oleh Will Ferrel dan Nicole Kidman.

7. Julie and Julia (2009)

Sebelum meninggal pada 26 Juni 2012, Ephron menyelesaikan filmnya yang kelima belas. Film berjudul Julie and Julia ini berhasil mendapatkan penghargaan Satellite Awards dan Writers Guild of America Awards.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading