Sukses

Lifestyle

Keutamaan Menyembelih Hewan Qurban Saat Idul Adha

Beberapa hari ke depan, umat muslim di seluruh dunia telah sampai pada hari yang begitu mulia. Hari tersebut adalah hari raya Idul Adha. Di waktu ini, beberapa umat muslim mendapat panggilan dan berkesempatan menunaikan ibadah haji di tempat suci. Sementara umat muslim lainnya, ia sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah lain terkait Idul Adha yakni menyembelih hewan qurban atau binatang ternak.

Adapun hewan qurban yang bisa disembelih antara lain adalah kambing, domba, sapi, kerbau dan unta dengan syarat dan waktu tertentu. ­Menyembelih hewan qurban ini sendiri hukumnya sunah untuk semua umat muslim di dunia. Bahkan, kesunahan berqurban ini adalah sunah muakkadah yang artinya kesunahan yang sangat dianjurkan atau ditekankan serta mendekati wajib hukumnya. Dalam sebuah hadist diriwayatkan, Anas Bin Malik mengatakan, "Rasulullah SAW berudhiyah (berkurban) dengan dua kambing putih dan bertanduk, beliau menyembelih dengan tangan beliau sendiri yang mulia, beliau mengawali (penyembelihan itu) dengan basmalah kemudian bertakbir. " (HR. Imam Muslim).

Anjuran untuk berkurban ini juga telah tertulis di Al-Quran yakni, "Bagi tiap-tiap umat telah Kami tetapkan syariat tertentu yang mereka lakukan, maka janganlah sekali-kali mereka membantah kamu (Muhammad) dalam urusan syariat ini. Dan serulah kepada agama Tuhanmu, sesungguhnya kamu benar-benar berada di jalan yang lurus." (QS. AL-Haj, 67). Allah berfirman, "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan sembelihlah." (QS. Al-Kautsar 1-2).

Selain menjalankan perintah Allah, menyembelih hewan qurban saat Idul Adha juga memiliki banyak keutamaan. Keutamaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Mensyukuri Nikmat Allah

Kita semua sangat disarankan untuk mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan Allah pada kita. Dan qurban merupakan salah satu bentuk wujud syukur tersebut. Ini juga dilakukan agar kita semua yang beragama muslim ingat akan nikmat-nikmat Allah kepada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Selain untuk mensyukuri nikmat Allah, menyembelih hewan qurban juga akan mengajarkan kita semua untuk menjadi pribadi yang sabar dan penuh penerimaan.

Berbagi Dengan Sesama

Keutamaan selanjutnya dari menyembelih hewan qurban adalah agar kita semakin ikhlas untuk berbagi dengan sesama. Allah SWT selalu menganjurkan hambanya untuk mau saling berbagi rizki dan kebahagiaan dengan sesama. Dan ketika kita mau melakukannya, kita pun akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Kita pun bisa merasa lebih dekat dengan semua orang juga dengan sang pencipta.

Memperbanyak Rizki

Allah telah berjanji bahwa siapa yang mau berbagi, bersedekah dan membuat orang lain bahagia, Ia akan melimpah rizki untuknya. Allah juga akan memberikan pahala yang tak terhingga. Seseorang yang mau dengan ikhlas menyembelih hewan qurban, ia pun akan dicintai oleh Allah. "Tidaklah manusia melakukan amal di hari nahr (Hari Raya Idul Adha) yang lebih dicintai Allah dibanding memotong hewan qurban. Sesungguhnya, ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan telapak kakinya. Sesungguhnya, sebelum darahnya jatuh ke tanah, ia telah sampai kepada Allah. Mari dari itu, tunaikanlah dengan jiwa yang senang." (HR. Tirmidzi).

Mengingat begitu mulianya menyembelih hewan qurban di Hari Raya Idul Adha, bagi kita yang mampu, sangat disarankan agar kita mau ikhlas dan tulus menyembelih hewan qurban. Kalau memang kita belum mampu melakukannya, setidaknya kita telah berniat untuk melakukannya suatu saat nanti. Semoga, informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Hari Raya Idul Adha bagi umat muslim semua.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading