Sukses

Lifestyle

Ketika Kamu Terjatuh, Jangan Pernah Salahkan Orang Lain

Pernah menyalahkan orang lain saat kamu terlibat satu masalah? Jatuh cinta yang tidak pernah terbalas. Hubungan yang selalu kandas hingga masalah karier yang tidak ada peningkatan. Ladies, sebelum menyalahkan orang lain atas masalah yang kamu hadapi ada baiknya kamu belajar untuk mengoreksi diri kamu sendiri. Benarkah kamu telah berbuat sebaik mungkin, atau jangan-jangan kamu yang tidak berhati-hati.

Misalnya saat kamu sampai sekarang masih jomblo dan belum bertemu pasangan yang tepat. Bukan salah orang lain yang membatasimu, atau kamu belum juga bertemu dengan orang yang tepat. Bukankah orang yang tepat selalu bertemu dengan orang yang sesuai. Jika selama ini kamu menginginkan seseorang yang baik apakah kamu sudah cukup baik? Sehingga orang yang tepat itu menemukanmu.

Atau saat hubungan kamu dan pasangan gagal terus. Tidak pernah berhasil. Sudahkah kamu cukup ideal untuk menjadi pasangan yang baik. Jika selama ini kamu sibuk menuntut pasangan kamu selalu punya waktumu, apakah kamu sudah bisa membagi waktumu dengan baik. Jangan sebaliknya, kamu menuntut pasanganmu tapi kamu tidak pernah mau mencoba untuk memberi. Hubungan yang ideal itu bukan tentang seberapa banyak yang sudah kamu beri atau terima. Hubungan yang ideal itu tentang 'saling'.

Jangan menyalahkan rekan kerja yang tidak dapat bekerja sama saat deadline atasan belum juga berhasil kamu selesaikan tepat waktu. Sudahkah kamu menyiapkan segalanya dengan baik. Atau justru selama ini kamu tidak serius, hanya sesuka hati menjalankannya. Jangan sibuk menyalahkan orang lain jika belum mampu melihat kesalahan diri sendiri.

Memang bukan hal yang mudah saat belajar melihat kesalahan pada diri sendiri. Tapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa sama sekali. Belajarlah untuk melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda. Berikan kesempatan pada dirimu untuk menerima dan terbuka pada sudut pandang orang lain. Yang terlihat benar bagimu belum tentu bagimu.

Ladies, mulai saat ini berhentilah menyalahkan orang lain saat hal buruk terjadi padamu. Bisa jadi, hal buruk terjadi padamu karena kesalahan darimu dan kamu memberi kesempatan pada diri sendiri dengan harapan yang terlalu tinggi. Selamat hari ini.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading