Sukses

Lifestyle

Fantastis, Aksi Pria Selamatkan Kupu-Kupu Langka Ini Juara

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan, cantik dan mengagumkan. Sayapnya yang warna-warni, setidaknya mampu membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona.Tapi, sebelum menjadi kupu-kupu yang cantik, kupu-kupu terlebih dahulu harus melewati fase yang berat. Ia bahkan sebelumnya harus menjadi salah satu hewan yang banyak dibenci orang dan dengan mudah dimusnahkan oleh orang yakni saat ia menjadi ulat.

Karena saat menjadi ulat banyak orang yang memusnahkan atau membasminya, saat ini tidak sedikit spesies kupu-kupu yang harus mengalami kepunahan. Dan salah satu spesies kupu-kupu yang juga hampir punah adalah kupu-kupu spesies pipevine swallowtail California. Ini merupakan salah satu spesies kupu-kupu yang hampir punah dan sangat langka keberadaannya.

Kupu-kupu langka bernama Pepivine Swallowtail | Photo: Copyright odditycentral.com

Mengingat spesies kupu-kupu ini hampir punah, dari laman odditycentral.com disebutkan bahwa seorang ilmuwan biologi akuatik dari California Academy of Science bernama Tim Wong lantas mengembangbiakkan spesies kupu-kupu ini di halaman belakang rumahnya. Pria yang masih sangat muda tersebut lantas membuat rumah kaca yang dilengkapi dengan tanaman dan bunga-bunga yang indah sebagai rumah kupu-kupu yang ia kembang biakkan dan selamatkan dari kepunahan.

Rumah kaca di halaman belakang rumah Tim Wong yang ia gunakan untuk menyelamatkan spesies kupu-kupu langka | Photo: Copyright odditycentral.com

Paparan sinar matahari yang cukup, adanya angin sepoi-sepoi yang berhembus di rumah kaca, juga adanya fluktuasi suhu yang baik setidaknya telah membuat rumah kaca ini menjadi tempat paling ideal bagi kupu-kupu untuk melakukan metamorfosis mulai dari saat ia masih berupa telur, menjadi ulat, menjadi kepompong hingga menjadi kupu-kupu. Rumah kaca ini juga dikatakan sebagai tempat yang baik buat kupu-kupu langka tersebut untuk terus berkembang biak serta mencari makanan.

Kupu-kupu langka dikembangbiakkan oleh Tim Wong setidaknya selama 3 tahun terakhir | Photo: Copyright odditycentral.com

Sebelum mengembangbiakkan kupu-kupu spesies langka ini, Tim Wong sebelumnya telah melakukan berbagai penelitian terkait kupu-kupu. Ia telah mencari tahu makanan apa saja yang dibutuhkan oleh kupu-kupu selama ia hidup dan bermetamorfosis, tumbuhan apa saja yang membuat kupu spesies ini nyaman bertahan hidup dan predator apa saja yang memungkinkan akan menyerang kupu-kupu.

Dan setelah melakukan berbagai penelitian, ternyata Tim Wong menemukan bahwa kupu spesies ini hanya makan satu jenis tanaman saja. Tanaman ini pun dikatakan sangat langka. Sama seperti langkanya kupu-kupu bernama pipevine swallowtail ini. Beruntung, Tim Wong berhasil menemukan tanaman langka di sebuah taman botani. Ia pun selanjutnya mengembangbiakkan tumbuhan tersebut di rumah kaca dan juga mulai menempatkan bibit kupu pepivine di sana. Setelah hampir tiga tahun berjuang menyelamatkan dan mengembangbiakkan kupu-kupu pepivine swallowtail, kerja keras Tim Wong membuahkan hasil yang mengesankan. Saat ini, taman rumah kaca di belakang rumahnya telah menjadi surga untuk kupu-kupu spesies pepivine swallowtail.

Tim Wong, pria hebat yang peduli terhadap keselamatan kupu-kupu spesies langka | Photo: Copyright odditycentral.com

Wah, apa yang dilakukan oleh Tim Wong sangat keren dan mengesankan ya. Aksinya juga bisa dikatakan sangat juara. Kita semua tentu berharap bahwa masih ada banyak orang seperti Tim Wong yang peduli terhadap hewan-hewan atau tumbuhan yang akan punah dan menyelamatkannya dari kepunahan

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading