Sukses

Lifestyle

Ramadan Memang Sudah Lewat, Tapi Ibadah Harus Tetap Semangat

Lebaran telah usai kira-kira dua minggu yang lalu. Meski lebaran atau hari raya telah usai, nampaknya masih banyak orang yang tak ingin melewatkan moment lebaran. Ya, seperti halnya saya. Rasanya saya masih kangen akan moment lebaran, moment mudik dan moment Ramadan yang begitu mengesankan, begitu hikmat serta begitu kental dengan berbagai aktivitas ibadah.

Tapi nih ya, meski begitu, saya kadang merasa heran saja dengan kebiasaan orang-orang yang sangat semangat beribadah saat bulan Ramadan. Sementara di bulan-bulan lain, ibadah yang ia dilakukan menjadi kurang semangat. Tak hanya orang lain sih, saya pun merasakan hal yang sama. Mmm, meski Ramadan telah lewat. Semangat buat ibadah nggak seharusnya lewat juga kan Ladies.

Di bulan syawal atau bulan-bulan dan hari-hari lain di luar Ramadan, sangat disarankan agar kita tetap beribadah dengan semangat. Yang namanya ibadah dan mendekatkan diri kepada sang pencipta, hal itu harus dilakukan dengan ikhlas kapan pun serta dimana pun kita berada. Bagi kita yang beragam muslim, di luar bulan Ramadan kita tetap dianjurkan untuk tetap berpuasa. Toh, di luar bulan Ramadan ada banyak puasa sunah yang pahalanya tak kalah besar dengan pahala saat kita melakukan puasa Ramadan.

Untuk puasa sunah yang bisa dilakukan di luar Ramadan antara lain ada puasa senin kamis, puasa daud (yakni satu hari puasa dan satu hari libur) atau puasa tengah bulan hijriah yakni setiap tanggal 14,15 dan 16 (Ayyamul Bidh) dan masih banyak lagi puasa sunah lain. Selain itu, di luar bulan Ramadan kita juga bisa melakukan berbagai shalat sunah. Kalau di bulan Ramadan ada shalat sunah tarawih yang begitu dianjurkan untuk dilakukan, di hari dan bulan lain di luar Ramadan kita yang beragam muslim sangat dianjurkan untuk tetap memperbanyak shalat sunah tahajud, hajat, tasbih, istikharah, tobat dan rawatib serta masih banyak lagi.

Meski bulan Ramadan telah lewat, ibadah yang kita lakukan tak boleh loyo lho ya. Kita tetap harus semangat menjalankan ibadah wajib atau pun sunah. Kita juga akan sangat baik jika di bulan-bulan lain di luar Ramadan juga tetap semangat dalam bersedekah dan menjalin hubungan baik dengan semua orang. Rasanya, akan sangat sayang rasanya jika hanya bersemangat ibadah di bulan Ramadan sementara di bulan lain kita lalai buat ibadah.

Tak hanya buat yang beragama muslim saja yang dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, buat yang beragama lain juga sangat disarankan agar meningkatkan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing di manapun juga kapan pun. Sadar atau tidak, dekat dengan Tuhan akan menjadikan kita semua semakin nyaman, semakin percaya bahwa Tuhan selalu ada di dekat kita dan semakin sabar juga semakin aman

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading