Sukses

Lifestyle

Maafkan Diri Sendiri Sebelum Memaafkan Orang Lain

Momen lebaran adalah perayaan hari kemenangan setelah satu bulan puasa. Perayaan bukan berarti harus kamu lakukan dengan bersenang-senang, bahkan berfoya-foya. Menghamburkan uang THR untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Yang seharusnya kamu lakukan saat menjelang lebaran adalah dengan meminta maaf sekaligus memaafkan kesalahan orang lain.

Memang bukan pekerjaan yang mudah memaafkan, apalagi memaafkan kesalahan orang lain yang membuat perasaan kamu sakit. Memaafkan sangat mudah dikatakan tapi sulit untuk dimaafkan. Jadikan momen lebaran sebagai waktu yang tepat untuk memaafkan kesalahan orang lain. Tentu setiap orang pernah melakukan kesalahan bukan?

Belajar untuk memahami kesalahan yang diperbuat orang lain akan membuat kamu lebih lapang. Jangan sampai suasana lebaran kamu terganggu hanya karena merasa belum bisa memaafkan orang lain. Tapi ada yang perlu kamu ketahui, sebelum memaafkan kesalahan orang lain cobalah untuk memaafkan diri kamu sendiri. Maafkan kesalahan yang pernah kamu lakukan.

Memaafkan diri kamu akan membuatmu lebih ikhlas. Pernah kamu membayangkan betapa tersiksanya menyimpan kesalahan yang pernah kamu perbuat. Melupakan kesalahan dan memaafkannya. Cara sederhana untuk maju adalah dengan melupakan beberapa hal yang membuat kamu tidak nyaman. Nah, hal itu dimulai dengan cara memaafkan diri kamu.

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari memaafkan diri sendiri antara lain, kamu jadi lebih ikhlas, lapang dan tenang dalam melakukan aktifitas. tidak ada lagi perasaan tidak nyaman yang menghambat langkah kamu untuk mencapai masa depan kamu. Penting bagi kamu untuk membuat keputusan, berbuat, maafkan dan lupakan.

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah dapat memaafkan tapi sulit untuk melupakan, dan berakhir dendam. Hidup dalam dendam itu tidak menyenangkan maka sebaiknya hindari. Langkah paling tepat untuk berdamai dengan masa lalu adalah dengan memaafkan, dan kemudian melupakannya.

Selamat memaafkan diri kamu sendiri.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading