Sukses

Lifestyle

Anjuran Salat Tahajud & Keutamaan Melaksanakannya

Di bulan yang penuh berkah, kemuliaan dan ampunan ini, sangat disarankan bagi kita semua yang beragama muslim untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, melaksanakan ibadah dan memohon berkah dari Allah SWT dengan tulus serta ikhlas. Di bulan yang penuh berkah yakni Ramadan ini, kita sebenarnya sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran, melakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala dan yang terpenting adalah usahakan untuk tidak melewatkan amalan Salat Malam atau Salat Tahajud.

Di dalam Al-Quran dan Hadist disebutkan bahwa Salat Tahajud adalah amalan yang begitu mulia dan sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap umat muslim. Pada beberapa surat di Al-Quran Allah SWT berfirman,

"Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian panjang di malam hari." (QS. Al-Insaan, 25-26). Sementara itu, di ayat yang lain Allah berfirman, "(Dan pada sebagian makam hari Salat Tahajudlah kamu." (QS. Al-Israa, 79).

Mengenai Salat Tahajud, Salat Tahajud merupakan salah satu Salat Sunah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun tidur. Waktu utama untuk melakukan Salat Tahajud sendiri adalah waktu tengah malam yakni antara jam 2 hingga terbitnya fajar atau kira-kira jam setengah 4 dini hari. Untuk jumlah rakaat dalam Salat Tahajud, paling sedikit adalah 2 rakaat dan paling banyak adalah sebanyak-banyaknya atau tidak ada batasan.

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, Salat Tahajud merupakan salat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Ini merupakan salat sunah yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Ini juga merupakan salat sunah yang begitu penting dan pahalanya sangat banyak. Saking pentingnya, beberapa ulama mengutarakan bahwa hukum Salat Tahajud yang pada dasarnya adalah sunah, di bulan Ramadan ini akan menjadi salat sunah yang hukumnya setara dengan salat wajib.

Rasulullah SAW bersabda, "Salat yang paling utama dikerjakan setelah salat wajib adalah salat yang dilakukan di malam hari." (HR. Abu Hurairah r,a).
Karena keutamaan dari Salat Tahajud ini, dikatakan bahwa Rasulullah tak pernah melewatkan salat Tahajud. Beliau bahkan mengajak kerabat dan keluarga serta umat muslim semua untuk mendirikan Salat Tahajud. Tak hanya saat Ramadan, Salat Tahajud ini juga dianjurkan untuk selalu dilakukan di hari dan bulan biasa di luar bulan Ramadan.

Salat Tahajud menjadi salah satu salat sunah yang begitu dianjurkan karena ia memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan dari Salat Tahajud antara lain adalah seperti yang ada di halaman berikutnya ini.

(vem/mim)

Keutamaan Salat Tahajud, Menghapus Dosa Hingga Melapangkan Rezeki

Ketika seseorang rajin dan ikhlas dalam menjalankan Salat Tahajud, ia akan mendapatkan banyak pahala dan keutamaan. Keutamaan pertama adalah Salat Tahajud bisa menghapus dosa dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Bukan hanya itu saja, Salat Tahajud juga bisa memudahkan seseorang untuk bisa memasuki pintu surga Allah SWT.

[startpuisi]"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya, mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang senantiasa berbuat kebaikan, yakni mereka yang sedikit sekali tidur di waktu malam dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Adz-Dzariyat, 15-18).[endpuisi]

Dari Abdullah bin Amr bin al Ash Radhiyallahu anhuma menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Salat yang paling dicintai Allah adalah salat Nabi Dawud AS dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Dawud AS. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari. (HR. Abdullah).

Untuk keutamaan kedua, mereka yang senantiasa Salat Tahajud akan terlihat bersinar raut wajahnya. Mereka juga akan terlihat bijaksana dan menyenangkan baik di mata Allah, malaikat dan manusia pada umumnya. Raut wajah yang bersinar ini sendiri membuktikan bahwa mereka yang senantiasa Salat Tahajud adalah orang-orang yang takwa dan dekat dengan sang pencipta.

Sementara itu, dari segi medis, Salat Tahajud memiliki banyak keutamaan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Salat Tahajud dipercaya bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh, rongga paru-paru akan lebih bersih dan sehat, sistem kekebalan tubuh meningkat dan pikiran serta hati menjadi lebih tenang. Mereka yang senantiasa melakukan Salat Tahajud juga akan menjadi pribadi yang sabar, tenang serta mampu berpikir secara lebih logis lagi nyaman.

Untuk keutamaan-keutamaan selanjutnya, Salat Tahajud bisa membuat seseorang yang rutin melakukannya akan mendapatkan cinta dari Allah SWT, mereka akan dimudahkan jalan hidupnya, dibukakan pintu rezekinya, dipermudah segala urusannya dan dilapangkan segala permasalahan hidupnya. Mereka yang senantiasa mendirikan Salat Tahajud juga akan dijamin masuk surga dan diringankan hisab amal perbuatannya di akhirat kelak.

Itulah beberapa keutamaan dari Salat Tahajud dan anjuran untuk melaksanakan Salat Tahajud. Semoga, kita sebagai umat muslim bisa mendirikan Salat Tahajud dengan ikhlas dan tulus. Kalau pun kita memang belum terbiasa mendirikan Salat Tahajud, mulai sekarang cobalah untuk mendirikan Salat Tahajud dan lawan semua godaan setan yang membuatmu malas untuk bangun di seperti malam terakhir.

Semoga, informasi ini bermanfaat. Dan bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat untuk senantiasa menebar kebaikan, kapanpun serta di manapun kamu berada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading