Sukses

Lifestyle

9 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Umur 25 Tahun

Waktu sebenarnya berlalu dengan sangat cepat tanpa kamu sadari, tiba-tiba saja kamu sudah bertambah umur dan sudah dianggap orang dewasa karena umurmu sudah 20 tahun lebih. Sudah saatnya kamu mengurus hidupmu lebih serius, karena nantinya kamu juga yang akan bertanggung jawab penuh dengan masa depan dan kehidupanmu.  

Menjadi orang dewasa itu menyenangkan dan ini bisa dibilang jadi langkah besar dalam hidup. Tapi apa sajakah yang sudah kamu lakukan sampai saat ini? Sudah punya pencapaian yang berarti? Ada banyak pengalaman yang bisa kamu lakukan sebelum umurmu 25 tahun, dan sekian hal ini bisa jadi daftar hal perlu kamu lakukan sebelum menginjak 25 tahun.

    Jalan-jalan sendirian

    Kenapa harus terpatok bahwa jalan-jalan harus dengan banyak teman? Kamu harus berani dan bisa ke mana-mana sendiri, apalagi jika memang itu untuk kepentingan pribadimu. Pergi ke mana pun sendiri justru membuatmu terlihat mandiri, pintar membawa diri dan dewasa.

    Keluar dari rumah dan hidup sendiri

    Inilah langkah besar yang harus kamu ambil. Akan lebih baik jika kamu sudah terbiasa hidup sendiri atau terpisah dari orangtua sejak kuliah sebagai anak kos. Cara ini punya efek besar yang mendewasakanmu. Kamu akan belajar membawa dan menjaga diri, apalagi jika kamu sudah menghidupi diri sendiri, kamu bertanggung jawab penuh atas kehidupanmu.

    Atur keuanganmu sendiri

    Ini hal serius dan utama yang harus kamu tangani. Meskipun kamu sudah bekerja dan berpenghasilan, kamu perlu mengatur keuanganmu sebijak mungkin. Jangan sampai kamu masih bergantung pada orangtua, karena itu bukanlah hal yang dilakukan orang dewasa.

    Jaga kesehatan dan bentuk tubuhmu

    Hidup sendiri terkadang sulit, karena kamu tak punya orang yang bisa dimintai tolong saat tiba-tiba tubuhmu panas tinggi tengah malam. Hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah hal ini adalah mulai menjaga kesehatan, olahraga rutin agar tubuh bugar, tidak gampang terkena penyakit dan seksi.

    Belajar masak

    Kamu harus mengembangkan kemampuanmu seiring berjalannya waktu, salah satunya adalah memasak. Keterampilan memasak akan sangat kamu butuhkan jika kamu ingin mulai mandiri dan hidup sendiri. Memasak adalah modal menghemat uang di hari tua dan kamu bisa makan apa pun makanan yang kamu inginkan jika belajar masak. Lagi pula nantinya kamu juga akan jadi istri, keterampilan ini pasti kamu butuhkan.

    Banyak menabung

    Jangan boros jadi orang, meski kamu sudah berpenghasilan. Justru kamu harus rajin menabung karena kamu hidup membiayai sendiri. Kamu bekerja dengan tak mudah, jadi gunakanlah uangmu secara bijak. Kamu tak tahu kebutuhan mendadak apa yang akan terjadi ke depannya nanti.

    Pergi traveling sendiri ke kota antah berantah

    Masih takut dan ragu untuk pergi sendirian ke sebuah kota yang belum pernah kamu datangi? Mengapa harus takut? Ini justru asik dan menantang. Bukan hanya melatih kedewasaanmu menjaga diri, namun juga kepekaanmu terhadap sekitar. Kamu juga bisa menambah teman, memperluas pergaulanmu. Yakin deh kamu akan belajar banyak hal.

    Ambil risiko pekerjaan yang menantang

    Kamu akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit dalam hidup, termasuk pekerjaan. Tak ada pilihan yang sempurna soal pekerjaan, mau tak mau kamu harus menghadapinya. Yang kamu perlukan adalah menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisimu. Jika kamu cukup berani mengambil risiko, ambillah. Tak perlu merasa salah pilih, karena di sinilah kamu akan memiliki lebih banyak pengalaman bermakna.

    Lepaskan perasaan negatif dan berhenti menggerutu

    Lepaskan perasan negatif dari pikiran dan hatimu, tak ada gunanya memendam rasa sakit di dalam tubuh. Belajarlah lebih toleransi, fleksibel dan memaafkan. Tapi bukan berarti kamu jadi orang lemah. Lepaskan pula orang-orang yang memberi pengaruh buruk dan tak membuatmu bahagia.

Sudah saatnya berpikir dan bersikap lebih dewasa. Kamu sudah besar dan sudah saatnya memegang kendali penuh atas tindakan, sikap dan kehidupanmu. Jadi, sebelum berusia 25 tahun, pastikan kamu melakukan sekian hal di atas agar kamu lebih mengerti seperti apa kehidupan itu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading