Sukses

Lifestyle

Moment Kemoterapi Seringkali Menyakitkan, Namun Fotografer Ini Membuat Para Pasien Bahagia Kembali

Bagi penderita kanker, salah satu proses pengobatan dan pemulihan kesehatan yang biasa dilakukan adalah kemoterapi. Kemoterapi menjadi salah satu perawatan yang bisa dibilang wajib untuk dijalani setiap pasien penderita kanker agar penyakit kanker di tubuh perlahan sembuh. Dan biasanya, efek samping dari kemoterapi yang dirasakan seseorang adalah rambut rontok, kuku atau kulit menjadi kebiru-biruan, mual, pusing dan berat badan turun secara drastis.

Tak jarang, pasien yang telah melakukan kemoterapi akan memiliki fisik yang berbeda dari sebelumnya. Yang paling jelas terlihat, pasien kemoterapi juga akan gundul karena rambut di kepala rontok setiap harinya. Dikutip dari laman metro.co.uk, seorang fotografer asal California memiliki cara unik untuk memberi semangat pada pasien kemoterapi. Sejak tahun 2011, ia telah mengambil beberapa potret para pasien kemoterapi.

Wanita sebelum kemoterapi dan sesudah kemoterapi karya Robert Hauser | Photo: Copyright huffingtonpost.com

Mengambil potret pasien kemoterapi ini sendiri tentu bukan tanpa alasan. Fotografer yang bernama Robert Houser memotret para pasien kemoterapi agar mereka tetap semangat dalam menghadapi pengobatan kanker tersebut. Robert juga mengajak para pasien kemoterapi untuk tidak pernah merasa minder, merasa kecewa ataupun merasa berbeda karena fisiknya yang lebih lemah dari biasanya. Fotografer ini juga mengajak para pasien kemoterapi untuk tidak malu dengan rambutnya yang rontok pasca melakukan kemoterapi.

Sejauh ini, Houser telah mengambil potret dari 35 pasien kemoterapi. Dengan latar foto yang polos warna hitam, subjek foto terlihat begitu jelas dan mengesankan. Sumber lain yakni huffingtonpost.com menyebutkan jika Houser mengatakan

"Dengan foto ini, saya ingin mengajak para pasien kemoterapi untuk tetap semangat dan tetap percaya diri dengan apapun serta bagaimanapun keadaannya. Saya juga ingin mengajak orang lain untuk empati serta simpati pada para penderita kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan penyakit ini pun sangat berbahaya. Banyak kisah menyentuh yang bisa kita dapatkan dari para penderita kanker. Potret ini membuat saya sangat tersentuh dan terharu. Perjuangan mereka sungguh sangat luar biasa. Saya ingin membuat mereka kembali bahagia dengan foto saya."


Hasil karya ini sendiri ia beri judul "Facing Chemo" atau menghadapi kemoterapi. Selain itu, ia juga memiliki proyek lain yang berjudul "Facing Chemo Before & After" atau perubahan sebelum dan sesudah menjalani kemoterapi. Pada proyek keduanya, Houser memperlihatkan perbedaan seseorang sebelum melakukan kemoterapi dan sesudah melakukan kemoterapi. Sebelum melakukan kemoterapi, pasien kanker masih memiliki rambut yang lebat. Dan setelah melakukan kemoterapi, pasien akan kehilangan rambut lebatnya.

Ladies, penasaran kira-kira seperti apa hasil karya Robert Houser tersebut? Berikut beberapa galeri fotonya. Semoga bermanfaat ya. Pastikan untuk menyayangi orang-orang di sekitar kamu, terlebih, ketika orang tersebut adalah salah satu penderita kanker. Buat mereka untuk selalu bahagia, walau hanya dengan hal kecil sekalipun.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading