Sukses

Lifestyle

Wanita Ini Melawan Bullying Dengan Video yang Menunjukkan Sisi 'Jahat' Media Sosial

Bully, bukan kata baru lagi bagi Anda. Terutama cyber bully. Semakin mendunianya pemakaian internet, membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab semakin bebas memakai internet, termasuk untuk bully.

Saya menemukan suatu artikel di Seventeen.com, yang berisi video tentang reaksi seorang make up artis terhadap bully yang diterimanya. Beauty blogger, juga semakin berkembang dewasa ini. Banyak wanita yang  menggunggah video tutorial makeup, atau mendemonstrasikan perubahan wajahnya menjadi berbagai tokoh terkenal.

Salah satunya adalah Em Ford. Saya sudah melihat beberapa video yang dibuat oleh Ford, dan saya kagum pada keahliannya mengaplikasikan makeup. Yang paling menarik perhatian netizen adalah, perbedaan wajah Ford sebelum dan setelah memakai make up. Di awal video, Ford selalu menampilkan wajah polosnya tanpa makeup, tanpa ragu menunjukkan luka-luka bekas jerawat pada wajahnya. Dan setelah memakai makeup, bekas jerawat itu tidak tampak lagi, dan dia semakin cantik. 

Berbagai cacian ditujukan padanya, cacian yang menurut saya keterlaluan. Kira-kira seperti ini, "pernahkah dia mencuci wajahnya", "kamu jelek sekali". Lalu ada juga yang berkomentar tentang wajahnya setelah tertutup makeup, "kamu cantik sekali", atau "kamu luar biasa". Namun ada juga netizen yang merasa tertampar dengan komentar pedas viewers lain dan berkomentar, "video ini membuatku menangis", atau "aku ingin membunuh diriku sendiri".

Lalu bagaimana Em Ford menanggapi itu semua? Simak video berikut ini Ladies.

Video: copyright Youtube.com/My Pale Skin

Ya, Em Ford membuat video yang berjudul "You Look Disgusting", atau "Kamu Tampak Menjijikkan", ini berisi komentar pedas, pujian, dan sakit hati para penonton videonya, disertai perubahan wajahnya dari tanpa makeup, lalu memakai makeup, dan menghapusnya lagi, dengan tujuan menunjukkan pada dunia sisi buruk dari media sosial. Video ini tidak hanya menunjukkan betapa berbahayanya media sosial untuk menghancurkan harga diri seseorang, tetapi juga kenyataan bahwa rasanya tidak mungkin Anda dapat memenuhi harapan orang lain dari diri Anda (terutama jika tanggapan tersebut Anda dapat dari internet).

Saya merasa sangat sedih, sekaligus kagum saat melihat video ini. Sedih, karena mengetahui banyak sekali orang yang tega mengungkapkan kata-kata yang sangat kasar, karena membayangkan bagaimana perasaan Ford saat membaca komentar-komentar pedas. Dan kagum, dia melawan bully yang ia terima dengan cara yang menarik, cara yang bisa membangkitkan rasa percaya diri orang lain.

Yang paling menarik, di akhir video Ford menyampaikan pesan "Anda cantik. Jangan biarkan orang lain mengatakan yang sebaliknya. Termasuk diri Anda sendiri".

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading