Sukses

Lifestyle

Jangan Putus Asa, Sebab Allah Akan Memberi Bantuan Dari Jalan Tak Terduga

Hai sahabat Vemale! Nama saya Titin, saya sekarang adalah mahasiswi semester tiga sebuah Sekolah Tinggi Swasta. Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya di pesantren dulu.

Saya adalah anak yang terlahir dari keluarga yang kurang berada, bapak saya kerja serabutan. Kadang menjadi buruh tani, kadang menjadi tukang kebun dan lain-lain. Bahkan dulu untuk makan dan biaya sekolah saya dan saudara laki-laki saya,  terkadang orangtua saya harus hutang sana-sini dahulu. Namun Alhamdulillah, meskipun semua terkendala biaya, di sekolah saya seringkali mendapat prestasi. Ya, mungkin inilah satu-satunya yang bisa saya lakukan untuk membuat orangtua saya bangga.

Ketika saya berada di kelas delapan tsanawiyah, saya hampir putus sekolah karena terhalang biaya.Saya sangat sedih, bagaimana tidak, saya masih ingin melanjutkan sekolah, bahkan suatu hari nanti saya juga ingin kuliah.

Dalam kegelisahan itu ternyata Allah berkehendak lain. Suatu hari, setelah saya melalui UAS, tepat saat liburan tersebut bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan. Keluarga saya memutuskan untuk memondokkan saya di sebuah yayasan pesantren milik teman pengajian nenek saya. Di yayasan itu banyak santri lain yang juga berasal dari keluarga kurang mampu. Di sana, biaya sekolah dan biaya sehari-harinya sepenuhnya ditanggung oleh yayasan. Saya mulai memiliki harapan baru, di samping saya bisa melanjutkan sekolah saya juga menemukan banyak hal baru, juga banyak teman.

Terinspirasi Agar Selalu Berdoa dan Percaya Pertolongan Allah

Dipesantren tersebut, jadwal kegiatan mengaji memang banyak. Apalagi saat itu adalah bulan Ramadan, suatu pagi ketika saya mengikuti ngaji kitab di musholla, saya benar-benar terinspirasi oleh kata-kata ustaz saya. Dengan lembut dan penuh kerendah hatian beliau berkata:

“Jangan malu karena kalian tinggal di yayasan ini, jangan pernah malu karena kalian berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dan jangan pernah berputus asa andai kalian menginginkan sesuatu, jika kita mau berusaha insya Allah Ia akan memampukan kita dan membiayai kebutuhan kita. Saya pun dulu juga begitu, kalian tahu? Sebenarnya saya  tidak punya apa-apa, bahkan baju yang saya pakai saat ini bukanlah milik saya. Semua yang saya punya adalah milik Allah. Saya bisa kuliahpun juga karena Allah. Jangan pernah berputus asa, belajarlah yang rajin, terus berusaha, dan perbanyak doa.”

Kata-kata ini sungguh memotivasi saya, ya selama ini saya selalu takut putus sekolah karena kendala biaya, tapi setelah mendengar ucapan pak ustaz tersebut. Saya yakin, jalan hidup yang diberikan kepada saya selama ini merupakan sebuah bukti bahwa Allah akan selalu memberikan jalan selama kita mau berusaha dan berdoa, dan saya juga yakin bahwa semua kebutuhan saya selama ini memang dicukupi dan dibiayai oleh Allah, dan itu semua diberikan melalui perantara tangan-tangan hambanya.

Setelah pengajian itu, saya jadi lebih banyak bersyukur. Dengan begitu saya menjadi semakin paham meskipun jalan yang saya lalui memang tidak seindah yang saya harapkan. Namun akhirnya saya bisa menerima dan sadar bahwa ini adalah jalan lain yang diberikan Allah kepada saya. Di masa-masa bulan Ramadan, saya juga menjadi lebih sering bertahajud, tadarus dan berdzikir. Sebisa mungkin saya ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Akhirnya Impian Kuliah Tercapai dan Sudah Bekerja

Sahabat Vemale, sampai sekarang jika mengingat masa lalu, saya masih tidak menyangka bahwa akhirnya saya bisa kuliah dan punya pekerjaan sendiri. Saya menghabiskan waktu selama enam tahun di pesantren, lima tahun masa sekolah dan satu tahun masa abdi. Sepulang dari pesantren, Alhamdulillah, saya tidak perlu mencari pekerjaan. Karena sudah banyak yang menawari. Alhamdulillah hasil dari kerja saya selama ini bisa untuk membiayai kuliah saya sendiri.

Semoga kisah ini bisa menginspirasi sahabat Vemale juga agar jangan pernah menyerah, dan berputus asa. Tetaplah berusaha dan berdoa. Insya Allah, Allah akan selalu memberikan jalan yang tak terduga untuk kita.

 

-oOo-

LOMBA KISAH RAMADAN VEMALE.COM

 

Menyambut bulan Ramadan 1436 H, Vemale.com mengajak para pembaca untuk membagikan kisah inspirasi. Kisah ini bisa tentang suka duka ketika memutuskan memakai hijab, kisah seru di bulan Ramadan, bagaimana rasanya jauh dari keluarga saat Lebaran atau kisah apapun yang meningkatkan sisi spiritual dan kedekatan Anda dengan Allah SWT.

Kirim kisah Anda melalui email ke redaksivemale@kapanlagi.net dengan subjek: KISAH RAMADAN VEMALE

30 kisah yang ditayangkan akan mendapat bingkisan cantik dari Vemale.com. Kami tunggu kisah Anda hingga tanggal 24 Juli 2015. Pemenang akan kami umumkan tanggal 28 Juli 2015.

 

Dari satu kisah, Anda bisa menjadi inspirasi bagi jutaan wanita Indonesia.

Share your story :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading