/inspiring/lentera/8254-cara-membangun-disiplin-diri.html

Cara Membangun Disiplin Diri

Kamis, 26 Mei 2011 07:00



(c) becoming-a-lady Vemale.com - Disiplin adalah salah satu kunci yang dapat mengantarkan Anda pada sebuah keberhasilan dan kesuksesan. Seperti yang disampaikan oleh Paul J. Meyer dalam buku yang berjudul 24 KUNCI SUKSES, disiplin adalah sesuatu keharusan yang pantas kita miliki dalam hidup kita, sebab jika tidak memiliki sikap disiplin, maka Anda tidak akan memiliki apa-apa.

Sayangnya, banyak orang menganggap bahwa disiplin adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Rasa malas dan "Ah yang penting hidup senang seperti air mengalir," bisa menjadi hambatan kedisiplinan yang tumbuh dalam sikap Anda sehari-hari. Padahal, semua aspek kehidupan memerlukan sikap disiplin yang tidak bisa dilakukan setengah-setengah.

Dengan demikian, maka disiplin harus Anda bangun sejak dini. Tidak ada istilah terlambat untuk membangun sikap disiplin mulai sekarang!

1. Segala Sesuatu Penting

Semakin penting sesuatu, maka sikap disiplin akan muncul dengan sendirinya. Sayangnya, ada orang yang malas melakukan sikap disiplin pada hal-hal tertentu yang dianggap remeh dan kecil, sehingga menganggapnya sebagai angin lalu yang tidak butuh perhatian apalagi sikap disiplin untuk menanggapinya.

Anda harus mulai mengubah pandangan tersebut, karena sikap disiplin harus dilakukan pada segala aspek. Sesuatu yang Anda anggap kecil dan remeh, seringkali menjadi sesuatu yang akan menghebatkan Anda suatu saat tanpa disadari. Karena itu, jangan memilih-milih saat menerapkan sikap disiplin.

2. Kesadaran Hati Dan Diri

Hidup berjalan cepat sampai banyak orang seolah tidak bisa merasakan napasnya sendiri. Ambil waktu sebentar untuk memikirkan apa yang telah Anda lakukan dan Anda hasilkan selama ini. Ingat-ingat kembali seberapa tinggi sikap disiplin yang telah Anda terapkan. Apakah sudah cukup baik untuk membuat hidup Anda teratur, atau justru tidak cukup disiplin yang membuat hidup Anda berantakan?

Ambil sebuah kesadaran dalam hal ini. Ingat kembali bagaimana Anda menerapkan disiplin dalam berbagai hal tanpa kecuali. Jika Anda sudah merasa cukup, Anda bisa tingkatkan. Jika kurang, maka Anda harus menanamkan kesadaran bahwa Anda harus berubah dan mengambil langkah mantap untuk membentuk disiplin yang semakin baik.

3. Komitmen

Anda sudah tahu bagian apa dalam hidup Anda yang kurang mendapat sentuhan disiplin, Anda sudah memiliki niat untuk lebih berdisiplin, selanjutnya... Anda butuh sebuah komitmen untuk terus berpegang pada semangat disiplin yang telah Anda miliki. Sebuah komitmen yang Anda bangun akan terus mengobarkan semangat untuk tetap berdisiplin apapun yang terjadi.

Komitmen juga akan membuat Anda lebih mampu memutuskan apa yang baik untuk aspek-aspek kehidupan Anda, mana yang tidak. Sehingga penting bagi Anda untuk membangun komitmen bersama diri Anda sendiri agar disiplin yang telah Anda tanamkan tidak lepas begitu saja karena dihantam kegagalan atau batu sandungan.

4. Membiasakan Diri

Bila Anda selama ini terlena dengan hidup yang cenderung santai dan 'lihat nanti deh', maka perlu penyesuaian yang akan Anda alami jika sudah memasukkan unsur disiplin dalam kehidupan Anda sehari-hari. Bisa jadi orang-orang di sekitar Anda berseru, "Wah, tumben jadi disiplin, biasanya nggak," jadikan hal tersebut pemacu bahwa Anda telah separuh jalan dalam pencapaian penerapan disiplin.

Tentunya tidak semudah membaca artikel ini saat Anda menerapkan disiplin. Tetapi sekali lagi, Anda sendiri yang menjadi penentu kehidupan Anda, kontrol sangat diperlukan dalam hal ini. Dorong diri Anda dengan keyakinan bahwa disiplin yang Anda terapkan bukan sesuatu yang buruk, dan akan mengangkat kehidupan Anda ke arah yang lebih baik. (vem/wsw)





ARTIKEL TERKAIT - LENTERA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...